Seri Truk Scania XT Terbaru Diluncurkan di Ghana, Dilengkapi Side Airbags dan Pengaman Bumper

Scania telah melengkapi truk ini dengan pengaman tambahan berupa pelat kuat setebal 150 milimeter pada bagian bumper depan, serta skid plate dan pelindung headlamp.
 

Scania meluncurkan line up truk terbarunya, Scania XT, untuk pasar Afrika Barat, Ghana. Scania XT yang diperkenalkan ini dipasarkan berdasarkan hasil riset dan pengembangan Scania selama 10 tahun. Prosesi pengenalan truk ini dilakukan di workshop regional Scania West Africa di Tema.

Mengutip situs Myjoyonline.com, seri Scania New Truck Generation ini merepresentasikan kemajuan terbaru dalam teknologi otomotif untuk truk tugas berat atau heavy duty dan sebelumnya telah sukses meraih beberapa penghargaan di pasar Eropa.

Klaim Scania, seri truk Scania XT ini siap untuk dioperasikan sebagai armada untuk tugas-tugas berat dengan didukung ketahanan, produktivitas dan uptime maksimal.

Scania telah melengkapi truk ini dengan pengaman tambahan berupa pelat kuat setebal 150 milimeter pada bagian bumper depan, serta skid plate dan pelindung headlamp.

Perlindungan ekstra ini mampu menjaga komponen penting di bagian depan truk dari risiko tabrakan ringan dari arah depan. ScaniaXT series ini juga sudah mengadopsi teknologi girboks otomatis Scania Optcruise di powertrain-nya yang membuat perpindangan gigi menjadi lembut dan bertenaga sekaligus responsif.

Seri truk Scania XT yang diluncurkan di Ghana pekan ini.

Terkait dengan emisi gas buangnya, Scania menjamin truk Scania XT series siap menenggak bahan bakar solar, biosolar maupun jenis bahan bakar hydrotreated vegetable oil (HVO). Berbicara pada prosesi peluncuran, Managing Director Scania West Africa, Fredrik Morsing mengatakan, generasi truk terbaru Scania ini  mampu mengoptimalkan efisiensi di biaya biaya kepemilikan kendaraan sekaligus memaksimalkan keuntungan bagi pengusaha yang mengoperasikannya.

"Kami di Scania mendorong shifiting menuju sistem transportasi yang lebih berkelanjutan. Kami juga percaya dan terlibat bersama-sama dengan inisiatif lokal. Bersama dengan mitra kami, West Africa Training Academy, kami menyediakan program magang untuk mencetak tenaga mekanik dan pengemudi yang terampil mumpuni untuk kebutuhan sektor transportasi dan logistik di Ghana.

François Lechat, Direktur Penjualan untuk Scania Afrika Barat menyatakan, sekitar 45 persen dari semua kecelakaan fatal yang melibatkan truk adalah kecelakaan truk karena terguling. Itulah sebabnya mengapa Scania menjadi produsen truk pertama di dunia yang menghadirkan fitur pengaman kantong udara samping (side airbags) selain airbag di bagian depan untuk pengemudi serta sabuk pengaman dengan pre-tensioner yang secara signifikan mengurangi risiko cedera. 

Scania mengklaim, rangkaian truk generasi terbaru Scania XT sangat cocok untuk kebutuhan sektor pertambangan, konstruksi dan pengangkutan karena selain lebih kuat juga mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar hingga 5 persen. Di acara peluncuran Scania XT series ini, Scania juga memperkenalkan bus G7 bus dengan facelift baru yang dipasang pada chassis Scania.