Truk Scania CNG Rambah Pasar Lithuania

Saat ini permintaan truk baru di Lithuania terbilang tinggi seiring dengan meningkatnya standar lingkungan di industri transportasi dan logistik di sana.
 

Scania memperluas basis pemasaran truk berbahan bakar gas (CNG)-nya dengan menggarap pasar baru di Eropa Timur, Lithuania. Truk Scania CNG pertama tipe CNG R410 dioperasikan oleh perusahaan logistik Vlantana bekerja sama dengan perusahaan penyedia bahan bakar gas SG Dujos.

"Scania menawarkan solusi untuk kebutuhan transportasi yang sustainable dan inovatif lewat truk Scania CNG R410. Truk menawarkan emisi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan sangat efektif untuk menurunkan kadar CO2 dan kandungan emisi lainnya hingga 15 persen," ungkap Darius Snieska, Direktur Scania Lietuva dikutip dari situs Emerging Europe.com, Kamis (8/11/2018).

Saat ini permintaan truk baru di Lithuania terbilang tinggi seiring dengan meningkatnya standar lingkungan di industri transportasi dan logistik di sana. Hal ini merupakan dampak positif langsung dari terus membaiknya kualitas infrastruktur dan makin cerahnya bisnis jasa angkutan barang di Lithuania. Kali ini, perusahaan logistik Vlantana menjadi yang pertama yang mengoperasikan truk Scania CNG di sana.

"Truk CNG dari Scania akan menjadi pionir untuk mendukung sektor transportasi yang lebih ramah lingkungan," ungkap Vladas Stoncus, excutive manager Vlantana. Dia optimis, keputusan yang diambil perusahaannya menjadi yang pertama mengoperasikan truk CNG dari Scania sudah tepat dengan dukungan kuat dari penyedia bahan bakar CNG di Lithuania.

Jumlah stasiun pengisian bahan bakar gas di Lithuania saat ini terus diperbanyak. Saat ini total ada 9 lokasi di seluruh Lithuania. Yakni di Vilnius, Klaip?da, Šiauliai dan Panev?žys.

Di sejumlah negara emerging di Eropa, jaringan stasiun pengisian bahan bakar gas terus bertambah jumlahnya. Di Estonia ada 10 stasiun, di Polandia 20 stasiun dan saat ini stasiun yang sama juga sedang dikembangkan di Republik Ceko. Penggunaan bahan bakar gas di Lithuania relatif terbilang baru karena baru benar-benar dimulai tahun 2018 ini.

"Bahan bakar gas di Lithunia menawarkan harga jual yang lebih ekonomi ketimbang bahan bakar fosil," ungkap Virginijus Korsakas, CEO SG Dujos, perusahaan pemasok bahan bakar gas terbesar di Lithuania. "Tahun depan kami berencana membuka minimal 2 stasiun pengisian bahan bakar gas dan kami akan menjadi yang pertama di Lithuania," ujarnya bangga.