Volvo FH16 6x4T: Seperti Mengemudi Dari Lantai Dua

Sosoknya yang tinggi besar, tak cuma menunjukkan keperkasaan. Tapi sekaligus memperlihatkan teknologi canggih yang dijejalkan di dalamnya.
 

Mendapat kesempatan mencoba Volvo FH16 6x4T, adalah sesuatu tawaran yang sangat menarik. Alasannya, FH16 ini merupakan kendaraan angkut berat asal Swedia yang benar-benar kelas berat. Selain dimensinya besar, melihat data teknisnya sungguh membuat penasaran. Bayangkan, mesin 8 silinder segaris yang berkapasitas 16.000 cc, 610 hp (@1.600-1.700 rpm) dan torsi 2.800 Nm (@1.000-1.500 rpm).

Lokasi pengetesan di Cakung, Jakarta Timur. Melihat ukuran aslinya truk ini sangatlah tinggi dan besar. Bahkan setelah pintu terbuka, harus mendongakkan wajah untuk melihat posisi jok pengemudi yang dilengkapi sistem air suspended ini. Saat duduk di balik kemudi, pandangan ke depan yang menjadi sangat luas dan jauh. Ibaratnya seperti mengemudi mobil dari lantai dua sebuah ruko. Tinggi dan luas. Terbukti kabin yang diisi 5 orang pun masih terasa lega.

Truk yang banyak dipakai perusahaan tambang ini, memiliki fitur bak mobil sedan mewah. Sebutlah, head lamp LED Beacon, V-shaped Daytime Running Light (DRL), Anti-Lock Braking System (ABS), AC, power steering, electronic parking brake, air suspended seat, cruise control, tilt and telescopic steering position, three-point safety belt dan sebuah alat semacam black box. Tak ketinggalan di belakang jok pengemudi dilengkapi dua tempat tidur bertingkat yang mewah.

Suara mesin diesel berkode D16C610 ini juga sangat halus. Dalam kabin mewahnya tidak terasa getaran atau suara berisik yang berasal dari ruang sumber tenaga itu. Artinya kenyamanan mengemudi bisa didapat mirip mobil sedan atau SUV modern. Belum lagi kabin dingin yang membuat panas terik di area pengetesan menjadi tak terasa. 

Namun dimensi besar ini menjadi normal rasanya ketika tractor head ini sudah dijalankan. Transmisi I-Shift berkode ATO3112D (12 percepatan maju dan 4 gigi mundur) membuat makin mudah pengendalian. Dan tipe ini bisa digunakan versi manual jika pengemudinya butuh tenaga khusus. Yang membuat takjub lagi, ketika baru bergerak 20 km/jam, display penunjuk persneling sudah di angka posisi gigi 8. Maklum saja, fungsi untuk membawa beban hingga 200 ton mengharuskan itu untuk mendukung torsi besarnya.

Jadi pencapaian total 12 percepatan maju akan cepat tercapai walaupun FH16 masih bergerak pelan. Secara keseluruhan, mengemudi mobil heavy weight ini tak sesulit yang dibayangkan. Yah mungkin karena segala fitur dan kenyamanan diperhatikan selayaknya sedan.

Data Spesifikasi

MesinKode : D16C610

Kapasitas : 16.000 cc

Jumlah silinder : 8 silinder segaris

Tenaga Maksimum : 610 hp pada 1.600-1.700 rpm (flat)

Torsi Maksimum : 2.800 Nm pada 1.000-1.500 rpm (flat)

Sistem engine brake : Volvo Engine Brake (VEB+), Auto/Manual

Transmisi

Kode : ATO3112D

Transmisi : I-Shift, Automated, oberdrive (6x4)

Tipe : 12 gigi maju, 4 gigi mundur

Rasio Girboks : 11.73-0.78

Kopling : Single plate clutch 430 mm

Rasio Gigi Akhir : 5.41

Suspensi

Depan : 3 leaf-front parabolic suspension

Belakang : Multi-leaf suspension