15 Pramudi PO Primajasa Ikuti Kursus Menyetir Hino, Begini Latihannya

15 Pramudi PO Primajasa Ikuti Kursus Menyetir Hino, Begini Latihannya
Peserta mengikuti berbagai materi pelatihan yang meliputi teori dan praktek langsung menggunakan bus Hino. Adapun materi pelatihan yang diberikan seperti prosedur K3 dan lainnya.
 

Kunci dari keselamatan penumpang bus di jalan menjadi tanggung jawab pengemudi. Untuk itu, pelatihan yang komprehensif diperlukan bagi pramudi bus.

Salah satunya Hino Driving School yang digelar PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Pelatihan komprehensif untuk pramudi profesional ini resmi menggelar batch pertama selama sembilan hari, dari 19-27 September 2024 yang lalu. 

Para peserta Hino Driving School batch pertama yang diikuti oleh 15 pramudi dari PT Primajasa Perdanarayautama (PO Primajasa). 

Pelatihan ini pun sebagai uji kompetensi untuk skema Pengemudi Angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi Sertifikasi BNSP. Kegiatan ini berlangsung di Hino Total Support Customer Center (HTSCC) Purwakarta, Jawa Barat. 

Peserta mengikuti berbagai materi pelatihan yang meliputi teori dan praktek langsung menggunakan bus Hino. Adapun materi pelatihan yang diberikan seperti prosedur K3 menjamin keselamatan kerja pramudi dan penumpang.

Lalu komunikasi di tempat kerja untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pengemudi dan pihak terkait. Regulasi berkendara dalam memahami peraturan lalu lintas yang berlaku. 

Serta memahami fungsi dan cara penggunaan fitur-fitur pada bus Hino. Ada pula pemeriksaan kendaraan sebelum dan sesudah berkendara, proper driving, economical driving, dan safety driving.

Tak ketinggalan, ada sesi pembelajaran soal Kiken Yochi Training (KYT) untuk pramudi lebih waspada dan proaktif dalam mengidentifikasi situasi berisiko di jalan seperti blind spot atau berkendara saat malam dimana mengemudi yang aman saat kondisi minim cahaya. 

Selain materi dari tim Hino Driving School para peserta juga akan mendapatkan pemahaman mengenai penyebab kecelakaan dan cara mencegahnya dari narasumber Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Melalui program ini, PT Primajasa Perdanarayautama berkomitmen untuk menyediakan transportasi bus penumpang yang nyaman, aman dan berkeselamatan, kami ucapkan terimakasih atas kerjasama pelatihan dan sertifikasi kepada PT Hino Motors Sales Indonesia," tutur Al Malik Mahpud, Direktur PT Primajasa Perdanarayautama.

Hino Driving School sendiri terbuka untuk semua pengemudi, baik yang merupakan pelanggan Hino maupun bukan. Dengan mengikuti pelatihan di Hino, para pengemudi akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang diakui.

Sebelumnya Hino Driving School sudah diluncurkan pada Juli lalu, di GIIAS 2024, dimana Hino Driving School hadir sebagai jawaban atas kebutuhan akan pengemudi profesional di Indonesia yang semakin meningkat. 

Melalui program pelatihan yang komprehensif, Hino Driving School bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya pengemudi, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru memulai kariernya.

“Kami percaya bahwa pengemudi yang terlatih dengan baik adalah kunci utama dalam menciptakan transportasi yang aman dan nyaman,” ujar Tomoki Hattori, Direktur HMSI.

Baca juga: Kelangkaan Pengemudi Bus Sudah Di Tahap ‘Meresahkan’

Baca juga: Pramudi Bus AKAP Mengantuk, Ada Enam Orang Meninggal