ACT Siapkan Armada Bantuan Banjir, Mulai Ambulans Sampai Food Truck

ACT Siapkan Armada Bantuan Banjir, Mulai Ambulans Sampai Food Truck
ACT mengerahkan armada bantuannya mulai Ambulance Pre-Hospital (APH), Humanity Food Truck hingga armada pikap sebagai pengangkut perahu karet disiapkan.
 

Banjir yang terjadi di Jabodetabek awal 2020 ini membuat keprihatinan banyak pihak. Termasuk lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Lembaga yang bermarkas di Jakarta Selatan ini pun mengerahkan sederet armada bantuannya.

Mulai Ambulance Pre-Hospital (APH), Humanity Food Truck hingga armada pikap sebagai pengangkut perahu karet disiapkan. Dikutip dari akun Facebook ACT,  tim rescue untuk menyelamatkan korban yang terjebak banjir mulai 1 Januari 2020.
Di antaranya Ambulance Pre-Hospital yang berfungsi sebagai layanan medis, sekaligus sarana evakuasi sebelum korban dibawa ke rumah sakit.

Mobil APH Aksi Cepat Tanggap ini bertugas di wilayah Jatiasih dan sekitarnya. Tim APH mengevakuasi lansia, warga sakit dan warga yang terluka akibat terkena material yang terbawa arus banjir.

Perahu karet siap untuk mengevakuasi korban banjir

Selain ambulans, dalam situasi tanggap bencana banjir Jabodetabek ini, ACT menurunkan salah satu armada bantuan lainnya, yakni Humanity Food Truck. Bantuan truk makanan ini dilakukan pada korban yang terdampak banjir di dua kelurahan di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Tak ketinggalan, ada juga armada pikap untuk mengangkut perahu karet yang akan mengevakuasi korban banjir. Armada ini diandalkan oleh tim Disaster Emergency Response ACT-MRI mulai bergerak ke beberapa wilayah yang terendam banjir.