Actros Dengan MirrorCam, Truk Berspion Elektronik Canggih Ini, Direncanakan Datang Ke Indonesia

Actros Dengan MirrorCam, Truk Berspion Elektronik Canggih Ini, Direncanakan Datang Ke Indonesia
Perangkat canggih pengganti cermin spion, memberikan pandangan luas kepada pengemudi melalui kamera yang memiliki sudut lebar.
 

Pandangan ke belakang, sangat penting saat berkendara, begitu pula ketika parkir. Karena itu diperlukan spion di samping yang cukup besar agar pandangan semakin luas. Namun, sejak Juni 2019, Mercedes-Benz menggantikan spion besarnya dengan hal yang saat ini tampak futuristis, yaitu dengan menggunkaan MirrorCam, berupa kamera, sebagai pengganti cermin.

Kamera tersebut ditempatkan di atap, sedikit menjulur keluar.

‘Pandangan’ dari kamera itu akan ditampilkan pada layar monitor cukup besar di pilar A dekat pengemudi, dengan tampilan mirip seperti apa yang terlihat pada spion pada umumnya. Akan terbagi dua bagian, tampilan dengan cermin normal, dan cermin dengan sudut lebar di bawahnya.

Layar monitor dengan tampilan beragam

 

Ada keuntungan dengan penggunaan MirrorCam, selain pandangan yang luas, juga menambah luas penglihatan pengemudi. Jika pada truk biasa, spion lebarnya akan menutupi sebagian pendangan ke sekitar, maka dengan adanya MirrorCam, tak perlu ada spion besar di luar dan pandangan pengemudi akan lebih luas, terutama saat menikung.

 

Mercedes-Benz Actros ini, sempat akan dipamerkan pada GIICOMVEC 2020. “Betul Actros MirrorCam ini rencananya akan ditampilkan pada GIICOMVEC 2020, awal Maret, namun terkendala faktor pengiriman,” ujar Arizta Quintasari, Corporate Communication & Public Relation Manager, Marketing Strategy Advisor, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), saat ditemui sebelum GIICOMVEC 2020, lalu.

Kembali ke MirrorCam, seperti dikutip dari greencarcongress.com, sudut pandang yang diberikan pada pengemudi, semakin beragam. Salah satunya, ketika menikung saat menarik trailer, umumnya dengan spion konvensional, yang terlihat hanya dinding trailer saja, tetapi dengan peranti ini, sudutnya lebih lebar, bahkan bisa diarahkan untuk melihat ujung belakang trailer sekalipun.

Kamera pun memiliki penghangat, yang menjadi penting di negara empat musim. Ketika suhu mencapai di bawah -15 derajat Celsius, penghangatnya akan aktif, sehingga mencegah es menutupi kamera.

Selain itu, juga dilengkapi dengan pengatur cahaya yang menyesuaikan dengan kondisi di luar, meski berada di malam hari atau di dalam terowongan, tampilan di monitor 15,2 inci yang diandalkan pengemudi akan tetap terlihat jelas.