Apresiasi Pada Supir Truk, UD Trucks Gelar Ajang Going the Extra Miles 2019

Apresiasi Pada Supir Truk, UD Trucks Gelar Ajang Going the Extra Miles 2019
UD Trucks berikan apresiasi kepada supir truk yang diwujudkan dalam Going the Extra Miles. Tak hanya itu, diberikan juga materi safety driving dari pihak UD Trucks dan kepolisian.
 

Dalam sektor transportasi logistk peran pengemudi sangatlah besar. Termasuk kegiatan logisitik di pelabuhan. Di sisi lain, potensi terjadinya kecelakaan di jalan selalu menjadi awan gelap yang membayangi.

Truk yang mengalami kecelakaan akan memberikan dampak terhadap kehilangan nyawa manusia, kerusakan barang, kemacetan parah dan terhambatnya arus logistik nasional. Karena itulah, faktor keselamatan untuk mempertahankan arus logistik barang dengan fokus terhadap sopir truk, menjadi perhatian Terminal Petikemas Koja (TPK), Polres Pelabuhan dan UD Trucks Indonesia. 

Pemberian cinderamata dari pihak UD Trucks ke TPK dan Polres Koja

Seiring dengan optimisme pemerintah pada rencana pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui industri ekspor impor yang membawa angin segar bagi beragam industri tanah air terutama industri logistik, UD Trucks Indonesia memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” melalui program apresiasi pengemudi truk yang telah memasuki tahun ke-4 dalam pelaksanaanya. Disebutkan, program ini merupakan bentuk rasa terima kasih UD Trucks terhadap kinerja baik pengemudi truk yang memberikan kontribusi pada kemajuan bisnis UD Trucks di Indonesia.

Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi bahwa tahun ini industri logistik akan mengalami pertumbuhan sebesar 11,56% lebih tinggi dibanding tahun 2018. Perkembangan pada industri logistik ini  berdampak positif pada peningkatan kegiatan operasional serta mobilitas pada kendaraan komersial seperti yang terlihat pada produk UD Trucks, terutama Quester GKE280 yang banyak dioperasikan untuk industri kargo.

Di industri logistik sendiri, melalui produk Quester GKE280, UD Trucks Indonesia hadir dengan memberikan nilai lebih kepada pengemudi truk. Selain menyediakan ruang kabin nyaman selebar 2,5 m, truk dengan konfigurasi gardan 4x2 tractor head ini meningkatkan produktivitas kinerja pengemudi handal dan menghasilkan aktifitas operasional yang efisien.

”Pertumbuhan pada sektor logistik Indonesia selalu menjadi momentum tepat bagi kami untuk memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” melalui pemberian dukungan terus-menerus kepada salah satu faktor penting dalam industri ini yaitu para pengemudi truk. Program ini merupakan salah satu program kebanggaan UD Trucks dalam memberikan dukungan dan menciptakan pengemudi truk yang handal serta teredukasi dengan baik.

Karena pengemudi truk andal disertai kinerja yang baik, tidak hanya membantu meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan di jalan, namun juga membantu menekan biaya operasional bagi pelanggan serta berkontribusi besar pada kelancaran bisnis produsen truk itu sendiri,” ujar Handi Lim, Direktur Sales dan Logistik UD Trucks Indonesia.

IPTU Sugiya, Wakasalantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengungkapkan, bahwa setiap harinya, ia melihat bahwa aktifitas truk cenderung meningkat. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pihaknya akan kondisi keselamatan pengemudi truk. Dengan adanya program apresiasi pengemudi dan edukasi oleh UD Trucks ini, tak hanya mengingatkan kembali kepada pengemudi truk saja, namun juga masyarakat dan pemegang kepentingan di area ini, agar selalu memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara di sela-sela aktifitas yang padat guna mendukung kelancaran operasional.

“Kami mendukung penuh acara ini mengingat pentingnya edukasi safety driving bagi pengemudi, dan program ini juga sejalan dengan program “Millenial Road Safety Festival” yang sedang gencar kami laksanakan di lingkup kerja Polres Pelabuhan Tanjung Priok,” lanjutnya.

Disamping itu, bagi pihak Manajemen Terminal Petikemas Koja (TPK KOJA), kegiatan ini sangat seusai dengan komitmen dalam mempertahankan faktor keselamatan di pelabuhan, sehingga kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok bisa tetap terjaga.

“Dengan adanya pengemudi yang andal dan patuh pada peraturan keselamatan, akan memudahkan kelancaran kegiatan bongkar muat barang dan pelayanan kepada pelanggan bisa maksimal. Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah agar pelayanan di pelabuhan sebagai salah satu mata rantai logistik bisa tetap berjalan dengan baik dalam mendukung perekonomian nasional,” ujar R.Istrijanto, Manager HSSE TPK Koja ].

Sementara menurut Bambang Widjanarko, Deputy COO Astra UD Trucks didasari nilai UD Trucks “Ultimate Dependability” dan kepedulian kami untuk pengemudi truk di Indonesia. Melalui dealer-dealer kami yang tersebar di berbagi wilayah, kami memberikan dukungan prima untuk setiap kegiatan yang mengkampanyekan aspek keselamatan dalam mengemudi, karena bagi kami keselamatan dan kenyamanan setiap pengemudi yang bekerja menggunakan produk kami adalah hal yang utama, konsep inilah yang mendasari mengapa setiap produk UD Trucks selalu dilengkapi dengan fitur dan teknologi terbaru dalam aspek keselamatan. Kami ingin setiap pengemudi truk tidak hanya handal namun dapat bekerja optimal tanpa ada rasa cemas.

Sejak dimulainya program apresiasi pengemudi ini di tahun 2016, UD Trucks telah memberikan perhatian kepada sekitar 2,500 pengemudi truk yang tersebar di berbagai jalanan di Indonesia dan akan terus memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” dengan memperhatikan faktor-faktor utama yang mendukung kelancaran industri truk di Indonesia.