Banyak Supir Truk Kontainer Bakal Menganggur

Banyak Supir Truk Kontainer Bakal Menganggur
Karena teknologi otomatisasi kendaraan kelas berat tidak bisa ditahan
 

Kampiun otomatisasi kendaraan asal Tiongkok, Pony.ai, menjalin kerjasama strategis dengan Sany Heavy Truck yang merupakan bagian dari raksasa alat berat Sany Heavy Industry. Apalagi kalau bukan untuk membuat sebuah truk yang bisa berjalan sendiri.

Ini kolaborasi ambisius,“Kemitraan antara Sany dan Pony.ai ini adalah kolaborasi pamungkas antara desain tulen sebuah truk dan performa otomatisasi yang berkarakter pengemudi truk tulen,” klaim Liang Linhe, Chairman Sany Heavy Truck dalam rilis resminya.

Produk baru ini belum punya nama, namun proses pembuatan dan pengiriman unit yang sudah jadi segera dimulai. Sementara itu untuk produksi massalnya baru dimulai tahun 2024. Nantinya ada target produksi 10.000 unit truk otomatis ini.

Pony.ai sendiri sebenarnya bukan baru sekali menciptakan kendaraan yang bisa mengemudi sendiri. Perusahaan yang juga sahamnya dimiliki oleh Toyota ini sudah pernah membuat taksi yang bisa berjalan sendiri. Dan sudah punya sejumlah paten atas teknologi mengemudi sendiri.

Awal tahun ini, Pony juga telah membentuk Cyantron, usaha patungan dengan raksasa logistik Tiongkok bernama Sinotrans. Keduanya membangun jaringan logistik pintar yang melibatkan teknologi truk dengan penggerak otonom. Unit usaha ini bulan April lalu sudah beroperasi.