Beli Tiket Bus On-line, Ya Wajib On-time

Beli Tiket Bus On-line, Ya Wajib On-time
Anda harus tahu aturan ketika membeli tiket bus secara on-line. Terutama soal waktu keberangkatan. Sebaiknya sudah hadir satu jam sebelum jadwal keberangkatan.
 

Saat ini, pembelian tiket bus bukan hanya dilayani lewat agen konvensional. Namun juga bisa melalui on-line di website perjalanan seperti Traveloka, Redbus atau Easybook. Namun Anda harus tahu aturannya.

Paling pasti adalah soal waktu keberangkatan bus. Di mana Anda harus datang sekurangnya satu jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera di tiket tersebut.

"Kalau pembelian tiket secara on-line, biasanya titik keberangkatan sudah disepakati. Seperti terminal atau pool, ya sebaiknya satu jam sebelum keberangkatan sudah stand by. Karena sering kejadian, penumpangnya ketinggalan," urai Warsono, agen tiket bus di PAL Cimanggis.

Dirinya pun bercerita jika pernah bertemu penumpang sebuah bus yang memesan 15 tiket dari Jakarta menuju Surabaya. Angkanya lumayan besar, dengan harga masing-masing tiket Rp 330 ribu. 

Namun saat waktu keberangkatan, hanya ada 11 orang yang datang on-time. Sisanya belum datang sampai waktu keberangkatan tiba. Akhirnya, tanpa dispensasi, empat penumpang tersebut ditinggal bus. Karena setelah ditunggu hingga 15 menit tak kunjung datang.

"Lumayan juga total harga tiket yang hangus. Dan itu tak bisa dikembalikan. Jadi memang harus tepat waktu. Tak bisa beralasan macet dan sebagainya, karena keterlambatan akan mempengaruhi waktu tempuh bus tersebut," kata Warsono.