Besok, Fuso Bikin Prosesi Peluncuran Truk Fighter, Isuzu Hadirkan Varian Baru Giga

Fighter merupakan truk medium duty terbaru dari Mitsubishi Fuso yang dipersiapkan oleh KTB untuk mengantisipasi diberlakukannya ketentuan baru standar emisi gas buang kendaraan Euro 4.
 

Dua Agen Pemegang Merek truk akan menggelar acara peluncuran produk baru di Jakarta pada hari yang sama, Kamis (24/1/2019) besok. Masing-masing adalah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang akan melakukan peluncuran nasional truk medium duty Fighter, serta PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang akan melakukan peluncuran varian baru truk Isuzu Giga.

Dua acara peluncuran ini akan dilakuakan di Jakarta di dua tempat berbeda. Berdasarkan informasi yang kami himpun, acara peluncuran truk Fighter dari KTB merupakan puncak dari rangkaian peluncuran regional truk Fighter yang dilakukan di beberapa daerah seperti Medan, Palembang dan kota lainnya.

Fighter merupakan truk medium duty terbaru dari Mitsubishi Fuso yang dipersiapkan oleh KTB untuk mengantisipasi diberlakukannya ketentuan baru standar emisi gas buang kendaraan dari Euro 2 ke Euro 4 di masa datang untuk kendaraan bermesin diesel di Indonesia. Fighter sebelumnya telah lebih dulu sukses dipasarkan di Australia.

Dari spesifikasinya, Fighter memiliki teknologi yang lebih maju ketimbang truk Fuso yang saat ini dipasarkan. Misalnya, jika truk Fuso yang saat ini dijual masih bermesin mekanikal Euro 2, truk Fighter sudah menyandang mesin common-rail. Selain truk Fuso bermesin mekanikal dan Fighter bermesin common-rail Euro 3, KTB juga masih memasarkan truk Fuso FJ series, truk bermesin common-rail yang teknologinya dikembangkan oleh Daimler, dan diproduksi di pabrik BharatBenz milik Daimler di India.

Mesin diesel common-rail ini sudah memiliki spesifikasi Euro 3 yang bisa disesuaikan ke Euro 4 tipe 6M60 yang dilengkapi dengan turbo intercooler dengan beberapa pilihan tenaga maksimum. Pada gelaran pameran kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, pada 1-4 Maret 2018 lalu di JCC Senayan, Jakarta, KTB sudah meluncurkan empat model truk Fighter.

Isuzu All New Giga dipamerkan di sebuah event otomotif di Jepang.

Yakni, Fighter FM 65FS High Gear 4x2, FN61FM HD 6x2, FN62F 6x4 dan FN62F TH 6x4, bertenaga 240 PS dan torsi puncak 686 Nm dan versi yang bertenaga maksimum 270 PS serta torsi maksimum 784 Nm. Sementara, untuk peluncuran truk Giga baru, IAMI masih menyimpan rapat-rapat informasinya. Namun, sempat terbetik kabar truk Giga yang akan diluncurkan ini adalah varian baru dari New Giga dengan penggerak 6x4.