Bio Lab Bus Level 2 BPPT Langsung Diajak Roadshow Jawa-Bali

Bio Lab Bus Level 2 BPPT Langsung Diajak Roadshow Jawa-Bali
Saat ini, Mobile Lab BSL-2 ditempatkan di Plasa Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.
 

Penyebaran virus corona yang mengkhawatirkan di Indonesia membuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bergerak cepat dengan membangun bio lab bus level 2 (BSL-2). Bus ini pun langsung roadshow ke beberapa kota di Jawa dan Bali.

Dijelaskan oleh Kepala BPPT, Hammam Riza, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang berupa trailer. Roadshow Mobile Lab BSL-2 dilakukan di Jakarta, Yogyakarta, Denpasar dan Jombang beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan yang merupakan bagian dari Bakti Inovasi Indonesia ini BPPT juga bekerjasama dengan pihak UGM, Dinas Kesehatan Denpasar - Bali, dan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang - Jawa Timur.

Saat ini, Mobile Lab BSL-2 ditempatkan di Plasa Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta. "Mobile lab varian bus ini baru dioperasikan di sini (Bandara Soekarno-Hatta)," papar Hammam.

Dilanjutkannya, sebagaimana dengan varian sebelumnya, Mobile Lab BSL-2 varian bus ini dibangun bersama dengan mitra industri dengan mengikuti standar WHO dan Kementerian Kesehatan untuk pembangunan laboratorium pengujian PCR Covid-19, serta telah diverifikasi oleh Asosiasi Biorisiko Indonesia.

“Kerja sama Ini semua dilakukan untuk memperkuat kerangka sinergi multihelix dalam mewujudkan ekosistem riset, inovasi dan industrialisasi di Indonesia,” ujarnya.