Cara Membuat Air Pembersih Kaca Murah Meriah

Cara Membuat Air Pembersih Kaca Murah Meriah
Air pembersih kaca, sangat membantu wiper saat membersihkan kaca depan. Bisa dibuat sendiri dengan murah meriah dan menggunakan bahan yang dapat dicari dari dalam rumah.
 

Mobilitas bus dan truk, tergolong tinggi. Tak jarang, melewati berbagai kondisi cuaca di jalan. Kadang panas terik dan berdebu, lantas diguyur hujan rintik maupu deras. Hal ini membuat kaca depan kerap kotor dan perlu dibersihkan. Cara paling cepat, tentu dengan wiper dan disemprot air pembersih.

Untuk kotoran yang membandel, cairan pembersih dari air biasa tak terlalu manjur. Sementara jika menggunakan cairan pembersih khusus, tentu perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menebusnya.

Ada cara mudah dan murah yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

“Bahan-bahan yang dibutuhkan gampang didapatkan, bahkan hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah,” terang Migrawan Nugroho dari Karya Indah Motor (KIM) di bilangan Cipendawa Bekasi, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Ega ini mengatakan bahwa hanya tiga komponen sederhana yang harus disiapkan untuk membuat ‘home madewasher fluid. Pertama air suling atau bisa juga dengan air bersih biasa, sabun cuci piring cair dan alkohol. Ega mengatakan bahwa komposisi yang digunakan adalah 1 liter air dicampur dengan 200-300 cc alkohol (70 hingga 90%) dan kemudian ditambahkan sabun cuci piring cair satu sendok makan.

Aduk komposisi tersebut hingga merata dan kemudian masukkan ke dalam wadah penampungan air pembersih kaca. Sekarang anda punya washer fluid bikinan sendiri yang tak kalah ampuh dari bikinan pabrik.