Cina Berlakukan Standar Emisi Baru untuk Truk Light Duty

Cina Berlakukan Standar Emisi Baru untuk Truk Light Duty
Regulasi baru tentang standar emisi gas buang untuk truk ringan ini berlaku untuk truk dengan massa maksimum 3.500 kg
 

Kementerian Lingkungan Hidup China (MEP) pada 23 Desember 2016 lalu menerbitkan regulasi anyar Stage 6 tentang Metode Pengukungan Ambang Batas Emisi Kendaraan untuk truk kategori ligh duty. Regulasi ini dikenal dengan istilah China 6 atau China 6 standard.

Regulasi baru tentang standar emisi gas buang untuk truk ringan ini berlaku untuk truk dengan massa maksimum 3.500 kg mengacu pada standar regulasi yang berlaku di Eropa, baik untuk truk ringan berbahan bakar bensin maupun solar (diesel).

Big Wheels

Regulasi China 6 akan efektif berlaku mulai 1 Juli 2020. Tidak seperti standar emisi gas buang sebelumnya yang sangat dekat mengikuti standar emisi gas buang yang berlaku di Eropa, China 6 standard mengkombinasikan praktik-praktik terbaik (best practices) yang berlaku di Eropa dan Amerika Serikat untuk kemudian diformulasikan menjad regulasi baru di China.

Regulasi China 6 standard  ini antara lain mensyaratkan compliance program multi komponen yang melibatkan pihak ketiga dan produsen kendaraan untuk menjalani pengujian emisi sebelum tahapan pra produksi, dan tahapan saat digunakan, garansi dan pelaporan cacat program.

ISTIMEWA

Regulasi juga mencakup penguatan on-board diagnostik (OBD) yang mengacu pada program OBD II yang berlaku di AS, dan mengadopsi pengetesan real-world driving emission (RDE) yang persyaratannya mengacu pada RDE yang berlaku di Eropa dan dirilis pada Maret 2016 lalu, namun dengan sejumlah modifikasi yang menyesuaikan dengan karakter unik kondisi di China.