Di Balik Tragedi Paiton : Jika Ada Palu Kaca Jumlah Korban Bisa Ditekan

Di Balik Tragedi Paiton : Jika Ada Palu Kaca Jumlah Korban Bisa Ditekan
Palu pemecah kaca merupakan alat penyelamat penumpang dari dalam bus saat keadaan darurat. Harus diwajibkan kepada awak bus mengerti cara penggunaannya.
 

Tragedi kecelakaan bus di kawasan Banyu Blugur, Situbondo telah terjadi lebih dari 16 tahun silam.  Bis yang mengangkut 54 siswa dan guru dari SMK Yapemda 1 Sleman, Yogyakarta ini terbakar setelah ditabrak truk kontainer dari depan dan diseruduk truk tronton dari belakang.

Seperti dikutip dari tribunjogja, badan bus terbakar setelah tangki bahan bakar salah satu truk pecah dan terpecik api karena gesekan logam. Dalam tragedi yang dikenal sebagai tragedi Paiton ini, supir dan kernet  berhasil lolos, namun 54 orang penumpangnya menjadi korban.

Penumpang beringsut ke bagian belakang  terjebak oleh kobaran api yang menelan badan bus setelah gagal membuka pintu. Salah satu temuan ketika itu, bahwa bus tersebut tidak dilengkapi dengan palu pemecah kaca, sehingga para penumpang tidak terperangkap di dalam.

Berdasarkan pada peraturan Menteri Perhubungan no 10 tahun 2012, telah diterapkan perundangan salah satunya adalah kelengkapan palu pemecah kaca, yang harus tersedia pada setiap moda transportasi umum darat.

Perangkat sederhana ini berupa palu dengan kepala terbuat dari baja dengan desain meruncing pada ujungnya. Bagian runcing ini memudahkan dalam membuat titik pecah kaca, bahkan yang terbuat dari safety glass sekalipun.

“Palu pemecah kaca penting keberadaannya, sebagai alat alternatif  keselamatan untuk angkutan umum seperti bus,” terang Sonny Susmana, Director Training, Safety Defensive Consultant (SDCI) saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Namun demikian Sonny mengatakan bahwa menggunakan palu kecil ini butuh pengetahuan, trik dan skill terlebih jika harus memecah kaca safety tempered glass yang keras. “Memang tidak segampang yang dibayangkan, tinggal pukul lalu pecah. Setidaknya keberadaan alat ini masih bisa menjadi harapan untuk menyelamatkan diri,” tutupnya.

Tentunya, para awak bus harus bisa menggunakan palu pemecah kaca ini, begitu pun, yang harus ditanamkan kepada para awak bus,  agar mementingkan keselamatan penumpang saat terjadi kecelakaan, sehingga tidak langsung menyelamatkan diri masing-masing ketika penumpang masih di dalam kabin.