Dua Ruas Tol JORR II Dibuka, Perlancar Logistik Depok Dan Tangerang

Dua Ruas Tol JORR II Dibuka, Perlancar Logistik Depok Dan Tangerang
Beroperasinya dua ruas jalan tol ini akan mengurai kemacetan lalu lintas di kota Jakarta, sekaligus sebagai sarana mobilitas di kawasan sekitar Jakarta, serta memperlancar pendistribusian barang.
 

Dua ruas Tol JORR II diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Keduanya adalah Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 Km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 Km.

Peresmian ditandai dengan tap kartu Elektronik dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol ini dinantikan masyarakat terutama di Tangerang dan Tangerang Selatan, sebagai alternatif masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno - Hatta.

Kedua ruas tol tersebut merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

"Setelah beroperasinya dua ruas jalan tol ini akan mengurai kemacetan lalu lintas di kota Jakarta, sekaligus sebagai sarana mobilitas komuter di kawasan sekitar Jakarta, serta memperlancar pendistribusian barang yang dilintasi oleh tol ini untuk menghemat waktu tempuh," ujar Presiden Jokowi.

Setelah dibukanya jalan tol ini juga dapat meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan perkenomian kawasan sekitar, dan mempercepat pertumbuhan kawasan ekonomi.

Selain itu Presiden berharap infrastruktur ini bisa sebagai sebuah keunggulan untuk menarik investasi dan banyak usaha baru sehingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran (14,19 Km) bagian dari  JORR 2 terbagi 4 Seksi, Seksi I (Kunciran–Tirtayasa) 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa–Benteng Betawi) 3,52 Km. Seksi III (Benteng Betawi–H.Sastranegara) 6,57 Km, dan Seksi IV (H.Sastranegara–SS Benda) 2,06 Km.

Sedangkan Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 Km terbagi menjadi Seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang (6,5 Km), Seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC (3,64 Km).