Ford Recall Puluhan Ribu Pikapnya Terkait Malfungsi Girboks

Ford Recall Puluhan Ribu Pikapnya Terkait Malfungsi Girboks
Transmisi 10 speed yang bermasalah ini merupakan kerjasama antara Ford dan General Motors (GM), tapi belum ada laporan apapun terkait malfungsi pada produk GM.
 

Ford Motor Company mengabarkan melakukan recall pada 60 ribu pada unit pikap Ford Ranger, F-150 dan SUV Expedition lansiran 2020 karena adanya masalah pada kabel shifter (pemindah) pada unit transmisi yang digunakan.

Diwartakan cnet.com, klip yang mengunci kabel perpindahan gigi ke transmisi tidak terpasang sebagaimana mestinya dan dapat mengakibatkan ketidaksesuaian informasi pada tuas transmisi dengan kondisi sesungguhnya.

Salah satu indikasinya pada posisi Park (P), di mana posisi sebenarnya berada di N (netral). Akibatnya walau tuas transmisi sudah berada di posisi P, jika tidak disertai dengan pengaktifan e-brake (rem tangan /rem parkir) maka kendaraan punya potensi meluncur atau bergerak.

Unit yang berdampak dengan hal ini adalah unit yang menggunakan transmisi otomatik 10 percepatan saja. Sedangkan jenis transmisi lain tidak berdampak.

Transmisi 10 speed ini merupakan hasil kerjasama antara Ford dan General Motors (GM) dan sampai sejauh ini belum ada informasi dari pihak GM mengenai masalah serupa yang menimpa unitnya.