Pakai Solar Panel, Bak Mobil Pikap Bisa Jadi Pembangkit Listrik

Pakai Solar Panel, Bak Mobil Pikap Bisa Jadi Pembangkit Listrik
Panel tersebut multifungsi. Karena selain dapat menutupi bagian bak pikap, namun juga dapat menangkap sinar matahari yang akan diubah jadi listrik
 

Di Amerika Serikat, kendaraan jenis pikap double cabin terbilang digemari. Karenanya, banyak hal yang dapat dikembangkan dari mobil tersebut. Termasuk sebagai pembangkit listrik darurat.

Ini yang dilakukan oleh Worksport, produsen aftermarket asal Toronto, Amerika Serikat. Yakni dengan mengembangkan panel surya berjuluk TerraVis yang dapat dipasang di bagian bak pikap tersebut.

Panel tersebut multifungsi. Karena selain dapat menutupi bagian bak pikap, namun juga dapat menangkap sinar matahari yang akan diubah jadi listrik untuk kemudian disimpan dalam baterai.

Nantinya energi listrik sebesar 2kW dari baterai tersebut bisa dijadikan pembangkit listrik darurat. Misalnya sumber listrik lampu, atau peralatan rumah tangga seperti kompor dan lainnya saat kemping.

TerraVis dirancang dengan bahan monocrystalline yang mampu menghasilkan efisiensi sebesar 22 persen. Untuk daya  baterainya selain bisa diisi dengan panel surya, ada juga pengisian fast charging melalui sistem plug in selama 15-30 menit.