Mencoba Langsung Jok Tebal Bus Baru PO ANS, Senyaman Apa?

Mencoba Langsung Jok Tebal Bus Baru PO ANS, Senyaman Apa?
Desain joknya mewah dengan arm rest model permanen berlapis panel piano black.
 

Dengan menempuh perjalanan rata-rata 33-36 jam dari Jakarta ke Padang, Sumatra Barat kenyamanan menjadi hal yang dicari para penumpang bus. Ini yang coba ditawarkan PO ANS lewat bus berkelas baru, Royal Executive Class yang dirilis pekan ini.

Kami sempat menjajal sekilas kenyamanan bus tersebut saat road show di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Rabu (2/12).

Jok bus masih dipilih dari Rimba Kencana yang juga dipakai pada bus-bus ANS sebelumnya. Namun di versi terbaru ini, selain desainnya lebih lebar, bagian busanya juga tebal.

Desainnya mewah dengan arm rest model permanen berlapis panel piano black. Arm rest ini memiliki port USB untuk mengecas handphone. Oiya, arm rest juga hanya terdapat bagi penumpang di sisi lorong.

Kami langsung mencoba seat paling depan. Posisi tersebut, pada beberapa bus bersekat dengan leg rest biasanya punya ruang kaki yang sempit. Namun kami yang bertinggi 173 cm masih terbilang cukup leluasa.

Busa jok terbilang tebal dan empuk, terdapat cekungan di bagian bawah seat dan punggung untuk menjaga posisi penumpang sat bus berjalan.

Lapisan bangku tersebut berbahan kombinasi semi kulit dan fabric. Hal ini membuat lebih nyaman ketimbang jok berlapis full semi kulit yang ada di armada kelas eksekutif PO ANS.

Beralih ke jok belakang, tak ada perbedaan ruang kaki yang signifikan dengan bagian depannya. Masih tetap lega dan leluasa.

Bahkan kami coba untuk merebahkan bangku di baris depannya hingga pol, lutut kami tetap tidak menyentuh jok tersebut. Jadi penumpang pun tak perlu merasa tidak enak pada orang dibelakangnya jika ingin merebahkan seat secara penuh.

Untuk menyetel reclining seatnya, penumpang di sisi lorong punya kelebihan dengan tombol yang menonjol keluar. Sedangkan penumpang sisi jendela harus merogoh bagian samping jok untuk mencapai tuasnya. Untuk tuas leg restnya, terdapat di kolong bagian lutut penumpang.

Hadirnya bus ini akan jadi kabar baik bagi penumpang bus dari Jakarta ke Padang, atau sebaliknya. Namun sampai saat ini PO ANS belum mengumumkan harga tiket dan kapan bus ini akan beroperasi sebagai armada antarkota.

"Belum ada pengumuman kapan bus ini akan berdinas dan berapa harga tiketnya. Tapi nantinya ANS menyiapkan 8 bus Royal Executive Class ini untuk rute Padang ke Jakarta dan Bandung," kata Haris, agen bus ANS di Terminal Kampung Rambutan.