Sebanyak 30 Hyundai XCIENT Fuel Cell Dikirim Ke California

Sebanyak 30 Hyundai XCIENT Fuel Cell Dikirim Ke California
Truk fuel cell ini mampu menempuh jarak hingga 800 kilometer untuk sekali pengisian bahan bakar
 

Kendaraan ramah lingkungan bukan monopoli mobil penumpang saja, namun sudah mulai merambah dunia komersial khususnya truk.

Hyundai sebelumnya sudah memperkenalkan XCIENT Fuel Cell, yang merupakan truk berbahan bakar hidrogen pertama di dunia beberapa waktu silam.

Kini truk heavy duty itu diminati oleh salah satu perusahaan di California yakni Glovis America yang cukup peduli untuk meningkatkan kualitas udara di wilayahnya.

Laman resmi Hyundai menyebutkan bahwa 30 unit Hyundai XCIENT Cell akan dikirim ke negara bagian yang terletak di pantai barat Amerika itu dalam waktu Agustus  ini.

Unit ini yang mampu menempuh jarak 500 mill (800 km) dan sebelumnya telah diujicoba menempuh jarak hingga satu juta kilometer.

Truk ini akan langsung diterjunkan dalam operasi pengangkutan jarak jauh antar-gudang di California selatan untuk 12 bulan mendatang.

Selain itu hyundai juga akan membangun tiga stasiun pengisian bahan bakar hidrogen untuk memenuhi kebutuhan truk tersebut.

Bahkan ke depannya akan ada konsorsium yang berencana mendirikan stasiun pengisian hidrogen berkapasitas besar di Oakland, California yang mampu menyokong 50 truk dengan rata-rata isi 30 kilogram.