Tengok Harga Tiket, Jadwal Keberangkatan dan Fasilitas Cafe Berjalan

Tengok Harga Tiket, Jadwal Keberangkatan dan Fasilitas Cafe Berjalan
Menariknya, untuk dapat menikmati layanan ngopi atau menyantap camilan di dalam bus sembari berkeliling kota ini, tak mahal kok. Cukup merogoh kocek Rp 50 ribu per orang
 

Berangsur pulihnya kondisi pariwisata di Indonesia coba dibangkitkan oleh para pelaku usaha dengan inovasi untuk menggaet wisatawan. Salah satu trend yang tengah menjamur di era new normal kali ini adalah cafe berjalan.

Menariknya, untuk dapat menikmati layanan ngopi, atau nyemil di dalam bus sembari berkeliling kota ini tak mahal kok. Cukup merogoh kocek Rp 50 ribu per orang. Harga ini berlaku untuk layanan dari beragam perusahaan wisata yang menawarkan konsep cafe berjalan. Lalu seperti apa fasilitasnya?

Pertama dari ada layanan Transbuck Bus Cafe dari PO Mata Trans di Solo yang per penumpang. Fasilitasnya minuman kopi kemasan gelas plastik dan makanan ringan gratis. Perjalanan memakai big bus dengan kapasitas 28 seat yang konfigurasinya saling berhadapan.

Durasi perjalanan sekitar 60 menit dengan rute berkeliling kota Solo. Jadwal keberangkatannya pukul 16.45, 18.30, 19.45 dan 21.00 dari garasi Mata Trans di Jl. Adi Sucipto.

Mata Trans juga membuka rute di Jogja dengan fasilitas dan harga layanan yang sama. Perjalanan dimulai dari pool Mata Trans Jogja, di Jl. Ringroad Timur No.9 Pelem Mulong, Banguntapan, Bantul. Lalu berkeliling Jogja pukul 13.00, 14.30 dan 16.00.

Layanan Ngopi Sultan dari PO Juragan 99

Kemudian ada layanan Ngopi Sultan dari PO Juragan 99 yang beroperasi di Malang. Fasilitas yang dapat dinikmati penumpang antara lain kopi dalam kemasan gelas plastik dan snack. Yang berbeda, pada Ngopi Sultan tersedia live music dan karaoke yang akan menemani sepanjang perjalanan.

Sementara armadanya, mengandalkan big bus yang konfigurasi seat 2-2. Ada 32 seat yang saling berhadapan dengan tambahan meja layaknya restoran. Sedangkan perjalanan dimulai pukul 16.00 dari pool Juragan 99 di Malang.

Lalu ada Coffee On The Bus yang hadir di Jogjakarta. Pengalaman perjalanan yang ditawarkan benar-benar serasa di cafe. Ini karena kopi yang disajikan di gelas kaca dan sebelumnya diolah dengan metode manual brewing dari Kopiku. Kalau tak suka kopi, ada teh tarik atau sari kacang hijau sebagai alternatif. Sebagai teman ngopi, tersedia makanan ringan yang juga gratis.

Fasilitas di Coffee on The Bus

Dengan mengandalkan armada bus Scania dari Rejeki Transport, Coffee On The Bus memulai perjalanan dari Kotabaru dengan jadwal pukul 9.00 WIB, 13.00 WIB, 16.00 WIB, dan 19.00 WIB.

Lalu untuk layanan Matas Bus (Makan di Atas Bus) dari RM Niki Eco di Purwokerto lebih menyasar pada wisata keluarga dibanding anak muda yang hobi ngopi. Hal ini terlihat dari menu yang ditawarkan. Seperti spaghetti, potato wedges, es coklat, cheese stick, waffel dan air mineral.

Program Matas Bus dapat di reservasi di RM Niki Eco yang beralamat di Jl. Sutoyo No.8 Sawangan, Purwokerto. Jadwal keberangkatannya pukul 11.00, 13.00, 15.00 dan 17.00 untuk rute A. Lalu rute B pada pukul 12.00, 14.00, 16.00 dan 19.00.