PO Adau Kapuas Jadi Bus Suite Class Pertama di Kalimantan

PO Adau Kapuas Jadi Bus Suite Class Pertama di Kalimantan
Dua bus Suite Class dirilis dari karoseri Laksana.
 

Jumat (16/10) menjadi waktu yang bersejarah, karena untuk pertama kalinya dirilis bus Suite Class (SC) untuk penumpang di Kalimantan. Bus garapan karoseri Laksana ini merupakan pesanan dari PO Adau Kapuas dan Tri Star Melawi yang masih satu grup.

Ada dua bus SC yang dirilis dari karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah tersebut. Setelah rilis, bus Adau Kapuas dan Tri Star Melawi tersebut langsung dikapalkan ke Kalimantan Barat lewat Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.

Menariknya kedua bus tersebut bersasis Hino RK260 yang merupakan bus dengan suspensi dengan per daun atau leaf spring. Sebelumnya, rata-rata bus SC dibangun di atas sasis bersuspensi udara. Seperti Hino RN285, Mercedes-Benz OH 1626 dan O 500R 1836.

Dari luar, tampilan bus terlihat minimalis dengan warna dominasi cokelat dengan grafis livery cokelat tua. Sedangkan logo perusahaan besar terpampang di sisi bus dan bagian depan.

Di dalam kabinnya, ada jok model sleeper sebanyak 21 seat yang dapat direbahkan hingga 150 derajat. Serta adanya toilet di bagian belakang. Bedanya dari SC di Jawa, bus ini tak dilengkapi dengan peranti hiburan TV LED. Namun dengan pencahayaan kabin LegaLight dari karoseri Laksana justru membuat penumpang lebih nyaman untuk tidur dan beristirahat saat perjalanan.