GMC Yukon, Kembaran Chevrolet Suburban Siap Diluncurkan

GMC Yukon, Kembaran Chevrolet Suburban Siap Diluncurkan
Yukon menyediakan varian baru AT4 yang lebih sporty dan fokus pada penggunaan off-road
 

Setelah peluncuran generasi terbaru Chevrolet Suburban akhir tahun lalu, kini giliran GMC bersiap meluncurkan kembarannya,Yukon. Seperti dilansir carscoops.com, SUV full size ini akan diluncurkan pada minggu ketiga bulan ini.

Secara global, nyaris tidak ada perbedaan dengan Chevy Suburban. Yukon akan mengadopsi sistem suspensi independen dan suspensi udara yang sama dengan Suburban pada semua rodanya. Kabarnya sistem juga akan diadopsi pada Cadillac Escalade terbaru yang diperkirakan akan diluncurkan di tahun ini juga.

GMC Yukon terdiri atas  Yukon dan Yukon XL, di mana varian XL punya wheelbase yang lebih panjang. Denali masih menjadi varian paling mewah, namun pada generasi ini, GMC mengenalkan Yukon SLT yang menduduki posisi menengah dan AT4 yang lebih sporty dan  fokus pada kemampuan off-road. Khusus AT4 menggunakan transmisi dengan rasio yang lebih besar dan perangkat off-road yang lebih modern.

GMC Yukon AT4

GMC Yukon mengadopsi mesin mesin V8 5.300 cc dengan 355 dk dan torsi 519 Nm sebagai mesin standar di semua varian. Sedangkan mesin V8, 6.200 cc berdaya 420 dk dan torsi 623 Nm hanya pada varian Denali.

Pilihan mesin diesel enam silinder 3.000 cc, dengan 277 dk dan torsi 623 Nm, sudah tersedia, namun belum disebutkan akan dijejalkan di varian yang mana. Tapi jika melihat dari yang terjadi pada lini pikap GMC, ada kemungkinan akan menjadi pilihan pada semua lini modelnya.

Keluarga besar SUV bongsor ini tak lagi menggunakan tuas shifter untuk mengoperasikan transmisinya. Sebagai gantinya menggunakan tombol pada dasbor.

Sebenarnya Yukon merupakan sebuah evolusi dari sebuah minibus. Keberadaannya tak lepas dari kesuksesan Chevrolet Suburban sebagai kendaraan angkut penumpang yang langsung mereguk kesuksesan pada akhir tahun '30-an. GMC kemudian melakukan re-badged saat Suburban menginjak pada generasi II tepatnya pada 1941, dengan nama GMC Carryall.

Nama Carryall ditanggalkan dan kemudian diganti dengan GMC Suburban pada tahun 1973. Nama yang sama persis dengan kembarannya ini digunakan hingga dua generasi, sebelum kemudian tak digunakan lagi pada tahun 2000. Selanjutnya GMC mengganti nama SUV full-size-nya ini dengan nama Yukon.

GMC tetap menyematkan nama Yukon pada varian pendek maupun panjang. Untuk varian panjang cukup ditambahkan dengan huruf XL saja. Kondisi ini beda dengan Chevrolet yang memisahkan nama antara versi wheelbase pendek dan panjang. Versi pendek dari Chevrolet Suburban disebut sebagai Chevrolet Tahoe.