Greyhound, Bus Paling Terkenal Di Kolong Jagad

Greyhound, Bus Paling Terkenal Di Kolong Jagad
Bus ini sering menghiasi film-film Hollywood
 

Mungkin terlalu berlebihan mengatakan bahwa Greyhound Lines inc atau yang dikenal sebagai Greyhound sebagai armada bus yang paling terkenal di kolong jagad. Nama Greyhound Lines cukup melekat dengan Amerika Serikat dan Kanada. Inilah bus antarkota atau intercity yang sampai detik ini masih beroperasi dengan lebih dari 3.800 destinasi.

Bisa saja orang berpendapat bahwa London double decker bus sebagai bus yang paling terkenal. Namun Greyhound tak terbantahkan merupakan bus yang sohor lewat pop culture seperti film ataupun musik. Salah satunya bus ini pernah muncul pada film Cocktail yang dibintangi Tom Cruise di tahun 80-an atau Sleeping With Enemy  yang dibintangi Julia Roberts di 90-an dan masih banyak film lainnya. Atau muncul di lagu 'America' yang dibawakan Simon and Garfunkel atauCreedence Clearwater Revival (CCR) dalam lagu 'Lodi'.

Greyhound memulai langkah kecilnya pada 1914, dengan rute pertamanya Hibbing Minnesota, AS. Nama Greyhound sendiri baru digunakan pada 1929, sekaligus menempelkan ciri berupa lambang anjing greyhound yang bertubuh langsing sedang berlari.

Perlahan Greyhound Lines berkembang dan berhasil memiliki lebih dari 100 armada pada tahun 30-an. Sayangnya pertumbuhannya terhambat saat dunia mengalami The Great Depression (1929-1939). Hal ini juga dialami oleh AS yang berdampak pada Greyhound. Bisa dikatakan selama lebih dari 7 tahun perusahaan ini tidak berkembang dan malah terlibat hutang.

Di penghujung tahun 30-an Greyhound mulai menggeliat seiring dengan membaiknya perekonomian AS khususnya pada saat itu. Greyhound pun banyak membangun stasiun-stasiun hingga ribuan di berbagai kota di AS dan juga Kanada.

Perkembangan dunia penerbangan di AS pada era 70-an menjadi ganjalan Greyhound selanjutnya. Armada bus ini dipaksa untuk bersaing untuk mengantar penumpang lintas kota atau negara bagian.

Bus Greyhound di era 50-an

Greyhound kembali menelan pil pahit, disebabkan oleh tarif tiket pesawat murah di penghujung tahun 90-an yang menjadi salah satu sebab penyebab kebangkrutan. 

Greyhound tahun 2000an

Merger dengan perusahaan transportasi lainnya nampaknya tidak membawa perubahan yang menggembirakan. Hingga Pada 2007 Greyhound akhirnya melakukan dibeli oleh FirstGroup dari Inggris. 

Sejumlah ekspansi dan terobosan bisnis yang cukup gemilang dapat diraih. Greyhound lines pun bertahan hingga saat ini dan tetap melayani rute-rute panjang di AS dan Kanada.