Hadirnya Tol Sigli-Banda Aceh Bakal Banyak Pangkas Waktu Perjalanan

Hadirnya Tol Sigli-Banda Aceh Bakal Banyak Pangkas Waktu Perjalanan
Hadirnya tol ini juga mempermudah akses termasuk untuk rute antarmoda dan logistik ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.
 

Transportasi barang dan penumpang di provinsi paling barat Indonesia, Nanggroe Aceh Darussalam akan semakin lancar berkat tol Trans Sumatra yang terintegrasi. Salah satu ruas yang menjadi bagian Trans Sumatra di Aceh adalah Banda Aceh-Sigli.

Dari situs BPJT, dengan dibangunnya tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli cukup signifikan. Yaitu dari sekitar 2-3 jam dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya 1 jam perjalanan.

Jalan Tol Banda Aceh-Sigli membentang sepanjang 74 km. Pembangunannya terdiri dari 6 seksi dan secara keseluruhan baru rampung 2021 nanti. Tapi kabar baiknya, untuk seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 km akan beroperasi sebelum Idul Fitri 2020 pada Mei nanti.

Hadirnya tol ini juga mempermudah akses dari Banda Aceh ke Indrapuri dan sebaliknya. Termasuk untuk rute antarmoda dan logistik ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

"Alhamdulillah jalan tol Banda Aceh menuju Sigli sepanjang 74 km pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik. Dirut PT Hutama Karya menyampaikan pembebasan lahan (seksi IV) sudah rampung, justru tinggal konstruksinya yang tertinggal," kata Presiden RI, Joko Widodo dilansir laman BPJT.