Hino Memulai Kembali Hino Safety Driving Competition

Hino Memulai Kembali Hino Safety Driving Competition
Total ada 31 kali event di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.
 

Pada tahun 2017 sampai 2019, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sangat gencar mengampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran Hino Safety Driving Competition (HSDC).

Total ada 31 kali event di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara ini, dan berdampak luas di tengah masyarakat. Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini.

Kegiatan HSDC ini diadakan terbagi menjadi dua bagian.  Hari pertama pengemudi mengikuti tes tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving dan tanda rambu – rambu lalu lintas. Setelah tes tertulis hari pertama, maka 10 perwakilan terbaik akan menjalani tes selanjutnya yaitu skill test dan inspection test. Pengemudi akan diuji keahliannya seperti melewati jalan zig – zag baik itu maju maupun mundur, serta parkir mundur.

Namun, sejak terjadi pandemi pada 2019, kegiatan ini sempat terhenti. Memasuki tahun 2022, di mana pandemi masih berlangsung, Hino sedikit modifikasi event ini.

Kali ini dengan memanfaat kan teknologi yang sudah diterapkan pada armada Hino sejak 2020, yaitu Hino Telematics. Sehingga event ini digelar dengan nama Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) dan dilaksanakan secara online.

Fitur telematics dari Hino Connect yang dimanfaatkan dalam kompetisi ini adalah dengan mengambil data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Pengemudi dapat melihat sendiri hasil dari score card ini dan dapat diketahui hasil evaluasi score card, apakah driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan. Karena jika driver mengemudi dengan baik dan aman, maka mereka akan mendapatkan poin score card yang bagus dan berpotensi menjadi pemenang selain tujuan utamanya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan.

Tak hanya bagi menguntungkan bagi pengemudi, namun juga untuk pemilik bisnis. Kegiatan ini melindungi bisnis operasional angkutan pengiriman barang yang lebih aman dan jauh dari kendala di jalan atau hal – hal yang merugikan perusahaan.

HTSDC ini adalah salah satu bentuk dukungan penuh Hino kepada konsumen dalam memperkenalkan kegunaan atau manfaat yang besar bagi bisnis dari penggunaan fitur Hino Connect Telematics.

“Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentunya ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi. Karena mengemudi dengan aman dan sesuai aturan, selain dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri, tentunya juga menjaga keamanan bagi orang lain di jalan,” ujar Santiko Wardoyo, COO-Direktur HMSI.