Ini Deretan Ruas Tol Yang Siap Beroperasi Bulan Ini, Termasuk Tol Pertama di Sulawesi Utara

Ini Deretan Ruas Tol Yang Siap Beroperasi Bulan Ini, Termasuk Tol Pertama di Sulawesi Utara
Bulan ini ada beberapa ruas tol yang siap beroperasi. Baik di Sumatra dan Sulawesi. Apa saja?
 

Untuk mempercepat logistik darat dan kebutuhan transportasi saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan layanan infrastruktur jalan tol. Bulan ini ada beberapa ruas tol yang siap beroperasi.

Ruas tol pertama yang siap dioperasikan yakni seksi 4 tol Banda Aceh—Sigli. Ruas ini menghubungkan Indrapuri dan Blang Bintang sejauh 14 km. Selesainya seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang akan meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli-Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang

Selanjutnya adalah tol pertama di Sulawesi Utara. Yakni Manado-Bitung (Mabit) segmen Manado-Airmadidi. Jalan Tol Mabit dari Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi hingga Kauditan sejauh 21 km dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Lalu ada juga ruas tol yang tengah Uji Laik Fungsi (ULF) di beberapa seksi Tol Pekanbaru–Dumai. Yakni seksi 2 Minas–Kandis Selatan hingga seksi 6 Duri Utara–Dumai. Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat.

“Saya kira truk pengangkut bahan seperti sawit bisa pindah menggunakan jalan tol dengan pertimbangan hitungan waktu. Dengan tol ini, pengguna dapat menghitung waktu perjalanan bahan dari asal sampai ke pabrik,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari situs BPJT.