Ini Lima Langkah Perjalanan Aman Saat Di Sekitar Truk

Ini Lima Langkah Perjalanan Aman Saat Di Sekitar Truk
Kondisi sarat muatan, dimensi besar dan terkadang mogok di jalan, kerap jadi permasalahan pada truk. Lalu bagaimana saat harus bekendara 'bersama' truk di jalan?
 

Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti truk kerap terjadi. Tak jarang kecelakaan tersebut memakan korban jiwa, seperti kejadian di Tol Cipali awal pekan ini.

Kondisi sarat muatan, dimensi besar dan mogok di jalan kerap jadi permasalahan di truk. Lalu bagaimana saat harus bekendara aman di sekitar truk? Dealer resmi Toyota, Auto2000 berbagi tipsnya.

1. Jaga Jarak Aman

Jangan mengikuti truk terlalu dekat. Karena posisi mobil bisa saja tidak terlihat oleh pengemudi truk. Selain itu, karena terlalu dekat membuat tidak memiliki ruang cukup untuk mengintip jalur dari arah berlawanan akibat tertutup bodi truk.

Jaga jarak aman membuat Anda bisa mengantisipasi pergerakan truk, seperti bila tiba-tiba truk tersebut mengerem mendadak atau tidak kuat menanjak.

Menjaga jarak aman bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, namun juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk. Semakin dekat jarak mobil dengan truk, semakin sulit sopir truk mengawasi mobil Anda.

Makanya, jaga jarak aman dan pastikan tidak melakukan manuver yang membuat kendaraan tidak terlihat oleh pengemudi truk.

2. Berikan Tanda atau Isyarat

Berikan tanda saat ingin mendahului truk, bisa dengan lampu dim atau klakson. Dengan begitu, pengemudi truk dapat menyadari keberadaan mobil Anda dan menjaga kewaspadaannya.

3. Berikan Ruang yang Cukup

Saat menyalip, pastikan ada ruang yang cukup antara truk tersebut dengan mobil di depannya. Kalau jaraknya terlalu dekat, Anda bakal memaksakan diri untuk masuk antara keduanya.

Situasi ini akan membuat mobil Anda berada di blind spot truk dan sangat berbahaya jika mobil di depan melakukan pengereman.

4. Perhatikan Manuver Truk

Jangan segan-segan memberikan ruang bila truk di depan memberi isyarat untuk melakukan manuver, seperti berbelok, putar arah, atau parkir.

Hentikan kendaraan dan tunggu sampai posisi truk benar-benar aman. Apalagi kalau mobil berada di sisi dalam radius manuver truk tersebut. Perpaduan antara bodi besar dan blind spot akan membuat mobil Anda terancam bahaya jika tidak sabar menunggu.

5. Truk Punya Keterbatasan

Halangan lain yang harus dipahami dari truk adalah daya pengereman yang terbatas. Kian dipersulit saat truk dijejali beban penuh sehingga butuh jarak lebih jauh untuk berhenti. Oleh karena itu, jangan paksakan mobil berada terlalu dekat dengan truk dan berikan ruang yang cukup untuk manuver.