Isuzu : Pengumuman Pemenang Eco Drive Contest 2016 di GIIAS 2016

Isuzu : Pengumuman Pemenang Eco Drive Contest 2016 di GIIAS 2016
Memberikan penyebaran edukasi cara mengemudi hemat, PT Isuzu Astra Motor Indonesia menggelar kontes adu irit truk, Eco Drive Contest 2016 yang pemenangnya diumumkan di GIIAS 2016.
 

Salah satu biaya terbesar dalam operasional truk adalah biaya bahan bakar. Selain itu, performa engine dan cara mengemudi juga menjadi faktor penentu. Untuk itulah, pada bulan Juni sampai dengan Juli 2016, PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dan Dealer 3S Isuzu mengadakan Eco Drive Contest 2016.

Eco Drive Contest 2016 adalah sebuah kontes efisiensi bahan bakar untuk pengemudi Isuzu GIGA, truk medium bermesin common rail pertama di Indonesia. Parameter kontes menggunakan data konsumsi bahan bakar aktual dari data DRM (Data Record Module) yang dimiliki oleh Isuzu GIGA.

Isuzu GIGA adalah truk dengan teknologi tinggi yang sudah diatur dengan sistem Common Rail dan dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan DRM untuk merekam histori pengoperasian truk, salah satunya adalah mengenai histori konsumsi bahan bakar.

Sebagai parameter perlombaan, di awal dilakukan download data dari DRM masing-masing truk untuk mengetahui konsumsi bahan bakar aktual sebelum kontes dimulai. Kemudian, pengemudi truk mendapatkan pelatihan dan training dari Isuzu mengenai tips mengemudi truk yang ekonomis.

Tips tersebut di antaranya, menjaga kecepatan maksimal truk, tidak menggunakan putaran mesin tinggi, sebisa mungkin menggunakan gigi yang lebih tinggi, menggunakan Engine Brake yang efektif, kecepatan truk yang konstan, dan meminimalkan idling kendaraan.

Berdasarkan tips irit bahan bakar tersebut, pengemudi diharapkan dapat mempraktekkannya pada  operasional kendaraan sehari-hari. Berselang  3 sampai dengan 4 minggu dari download DRM pertama, tim penilai akan men-download data konsumsi bahan bakar lagi untuk kedua kalinya, dan dibandingkan antara data sebelum dan setelah training.

Eco Drive Contest 2016 ini diselenggarakan di customer Isuzu GIGA terpilih di area Jabodetabek, yaitu PT. Kurnia Mitra Selaras, PT. Garda Depan, PT. Nippon Konpo Indologistik, PT. ARK Logistik, PT. Bhakti Idola Tama dan PT. Satyamitra Kemas Lestari.

Masing-masing perusahaan diwakili oleh 5 (lima) orang pengemudi, dan selanjutnya dipilih dua pemenang. Pemenang dari masing masing perusahaan fleet tersebut berhak mendapatkan hadiah dari PT. IAMI.

“Semoga Eco Drive Contest 2016 ini dapat membantu pengusaha, atau pemilik truk untuk semakin meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan dapat  meningkatkan skill pengemudi truk Isuzu, bagaimana mengemudikan truk secara efisien dan hemat bahan bakar,” sahut Takuji Kani, Sales – Marketing – After Sales Service CV Director  PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI).