Laksana Hadirkan Inovasi Sirkulasi Udara Bus Saat Pandemi

Laksana Hadirkan Inovasi Sirkulasi Udara Bus Saat Pandemi
Basisnya Legacy SR-2 HD Prime dengan konfigurasi seat 1-1-1 ala bus social distancing.
 

Pandemi corona yang melanda dunia tahun ini mengubah banyak hal. Tujuannya untuk mencegah makin masifnya penyebaran virus tersebut. Tak terkecuali inovasi di sektor kabin bus.

Seperti dilakukan karoseri Laksana asal Ungaran, Jawa Tengah yang mengembangkan inovasi tersebut pada unit milik PO Sumber Alam. Julukannya Bio Smart and Safe Bus dan dikenalkan Laksana pada Senin (30/11) lewat akun sosial medianya.

Basisnya Legacy SR-2 HD Prime dengan konfigurasi seat 1-1-1 ala bus social distancing. Namun oleh Laksana bagian sirkulasi udaranya dibuat lebih advance. Bahkan hal ini diklaim yang pertama di dunia.

Dijelaskan pihak Laksana, bus ini dikembangkan bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) dan PO Sumber Alam. Konsepnya mengimplementasikan 'Disease Triangle' atau Segitiga Sakit.

Di mana konsepnya memperhatikan tiga unsur. Yakni Lingkungan (Environment), lalu ada Agen Penyebab Sakit (Pathogen) dan juga Inang (Host).

Untuk unsur Lingkungan, bus telah mengadopsi tata letak physical distancing dengan seat 1-1-1. Kemudian udara AC yang keluar dari ducting (plafon) akan selalu segar dan bersih.

Karena saat AC dinyalakan udara akan dihisap di bagian bawah. Kemudian udara disalurkan lewat HEPA Filter dan UV-C Lamp yang berfungsi untuk menyaring partikel kecil termasuk virus dan menguraikannya.

Dari unsur Pathogen seluruh permukaan interior bus turut dilapisi dengan Nano Silver. Teknologi tersebut berfungsi untuk menguraikan virus yang menempel pada permukaan interior bus dengan tahan lama.

Sedangkan unsur Inang akan dilakukan dengan cara preventif melalui pemberian masker pada tiap penumpang.