Pikap Produksi Massal Tercepat Di Dunia

Pikap Produksi Massal Tercepat Di Dunia
Bertenaga listrik, didukung oleh Ford dan Amazon
 

Saat ini jangan lagi anggap remeh soal kemapuan sebuah pikap dalam melaju cepat. Perkembangan tenologi membuat sebuah pikap berpotensi menyalip mobil sport. Salah satunya ada pada Rivian R1T yang dirilis tahun ini juga.

Rivian dibangun di daerah Irvine, California, Amerika Serikat. Sebagai sebuah startup, Rivian banyak dipuji mampu membuat pikap yang lebih baik daripada rilisan Ford maupun Tesla.Rivian memiliki paket daya berupa baterai lithium-ion 128,9-kWh dan empat motor listrik untuk setiap roda. Fomasi ini secara keseluruhan bisa hasilkan tenaga puncak sampai 835 daya kuda.

Klaim torsinya per roda mencapai  411 kilogram unntuk sebuah mobil dengan bobot sekitar 3,2 ton.  Catatan akselerasinya bukan main,untuk sampai di kecepatan mencapai 108  km/jam hanya dalam 3,3 detik. Lebih dahsyat lagi, sudah ada rencana mengaplikasikan baterai yang lebih besar, sekitar 172,0 kWh, akan tersedia pada versi tahun 2023.

Bernama lengkap Rivian Automotive, Inc., merupakan produsen otomotif dan juga teknologi otomotif yang berdiri tahun 2009. Secara filosofi, Rivan membuat mobil yang basisnya merupakan papan ‘skateboard’. Selain lebih fun dikemudikan, jika ada pabrikan lain yang berniat meminang basis itu tidak akan kesulitan untuk membentuk desain akhirnya.

Meski merupakan pendatang baru, Rivian ternyata didukung paling tidak dua kampiun teknologi maupun otomotif. Amazon dan Ford masing-masing menggamit saham kepemilikan atas Rivian sebesar 17,7 persen dan 11,4 persen.

Ada dua model yang telah dihasilkan Rivian hingga saat ini, R1T yang merupakan pikap dan R1S yang tampilan sebagai SUV.