Higer, Jagoan Bus Tiongkok Di Balik World Cup 2022

Higer, Jagoan Bus Tiongkok Di Balik World Cup 2022
Ribuan bus dan ribuan petugas dikerahkan
 

Mulai tanggal 20 November sampai tanggal 18 Desember tahun ini ada satu perhelatan empat tahunan yang akan menyita perhatian miliaran pasang mata dari seluruh dunia nyaris tanpa jeda. Ya, ini pesta akbar yang juga melibatkan ribuan orang, dan tentu saja begitu banyak kendaraan angkutan massal yang akan membawa penonton maupun pemain itu sendiri dari satu stadion ke stadion lain.

Untuk perhelatan akbar di Qatar ini, angkutan resminya didukung oleh satu pabrikan asal Tiongkok. Namanya mungkin jarang atau bahkan belum pernah Anda dengar, Higer Bus Company Limited atau biasa disigkat Higer Bus. Pabrikan ini sebenarnya belum termasuk kiprahnya, berdiri di tahun 1998 dan berbasis di kota Suzhou, provinsi Jiangsu.

Biarpun terbilang pabrikan baru, namun produknya sudah diekspor tak kurang dari 100 negara yang tersebar di wilayah Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, Rusia, Eropa Timur, dan bahkan Amerika Serikat. Higer termasuk perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di industri bus Tiongkok. Higer sendiri secara resmi punya sembilan model bus berbagai ukuran dengan 39 varian di antaranya.

Higer mendapat tugas yang tak ringan. Bagaimana tidak jumlah stadion yang dipakai untuk World Cup 2022, ada delapan stadion yang tersebar di lima kota seantero Qatar. Tak heran kalau pihak Higer mengandalkan 1.815 unit bus dengan berbagai macam model.

Ini bukan pertama kali Higer berperan dalam perhelatan dunia di Qatar. Tahun 2006, saat gelaran Asian Games ke-15, pihak Higer juga memberikan dukungan transportasi  lewat ketersediaan 500 unit bus aneka ukuran. Bahkan di tahun 2021, kegiatan FIFA Arab Cup, ada sekitar 1.000 unit bus yang dikerahkan sebagai saran transportasi selama perhelatan.

Untuk selama kegiatan World Cup 2022, pihak Higer dan rekanan local mengerahkan tak kurang dari 9.000 pengemudi, 2.000 petugas di halte, serta lebih dari 3.000 personel dari Mowasalat, rekanan perusahaan transportasi nasional Qatar. Di seluruh wilayah Qatar, populasi produk Higer tak kurang dari 6.000 unit.  

Selama perhelatan World Cup 2022, setiap unit bus Higer setiap harinya akan didukung tim servis dalam posisi stand by sejak pukul 06.40 pagi. Satu per satu unit bus akan diperiksa dengan standar PDI (Pre-Delivery Inspection) ala kendaraan baru ketika sebelum dan sesudah beroperasi. Semua demia memastikan keamanan dan kelancaran seluruh bus Higer.

Kapasitas produksinya 25 ribu unit bus setiap tahun