Jajaran Truk Militer Rusia Jadi Daya Tarik VE Day Di Moscow

Jajaran Truk Militer Rusia Jadi Daya Tarik VE Day Di Moscow
Tak hanya langka, truk-truk ini bisa dikatakan merupakan yang tergarang di dunia
 

Victory in Europe Day (VE Day) ke 75, sejatinya dirayakan pada 8 Mei 2020 silam tapi kemudian diundur karena wabah Covid-19. Hal ini pun terjadi juga di Rusia sebagai salah satu pemenang perang yang terpaksa menggeser perayaan tersebut di 24 Juni 2020.

Dalam sesi latihan yang digelar beberapa hari sebelum perayaan sesungguhnya dilakukan, dipamerkan kendaraan perang Rusia dari berbagai jenis, di antaranya truk tactical hingga pengangkut rudal antarbenua yang berparade.

Berikut truk-truk asal Rusia yang dipertontonkan pada acara gladi-resik tersebut

Thypoon Airborne

Kendaraan ini mengambil basis Thypoon K-4386, yang menggunakan mesin diesel Kamaz berkekuatan 350 tenaga kuda. Kendaraan serang darat-udara ini memiliki suspensi hidropneumatik dan dilengkapi dengan senapan otomatis 30 mm dan senapan mesin 7,62 mm dikendalikan dari jarak jauh. Untuk membidik dengan akurat ada pengintai laser, saluran televisi, dan kamera pencitraan termal.

Kendaraan ini mulai menjalani masa tugasnya pada 2020 ini.

ISDM

Kendaraan yang menggunakan empat buah gandar ini merupakan kendaraan peluncur roket dengan jarak tembak 5 hingga 15 km. Truk yang menggunakan salah satu basis Kamaz ini dilengkapi juga dengan perangkat pembaca cuaca.

Mulai beroperasi pada 2019 , hanya saja tidak disebutkan berapakah populasi kendaraan ini.

Tos-2

Tos-2 atau yang dikenal sebagai Tosochka ini merupakan kendaraan angkut lapis baja yang mampu membawa 13 personel dengan peralatan perang lengkap sekaligus. Kendaraan ini cukup luwes untuk menyesuaikan persenjataan sesuai kebutuhan, termasuk mampu melakukan pertempuran darat-udara dengan dipasangkannya senjata berat dan roket.

 

Vityaz S-350 Hero

Truk ini merupakan bagian dari sistem rudal anti-pesawat jarak menengah terbaru milik Rusia yang baru bergabung tahun 2020 ini.

Pada sistem S-350 mencakup beberapa fungsi termasuk radar, stasiun perintah dan kontrol, dan peluncur rudal.

MZKT-7930 ‘Ball’

Kendaraan dititik beratkan sebagai kendaraan pertahanan pantai yang mampu digunakan untuk meluncurkan delapan rudal anti kapal X-15. Selain itu truk ini dapat dengan mudah dialih fungsikan sebagai kendaraan kargo.

MZKT-79221

Truk ini nampak cukup menonjol dengan jumlah roda yang mencapai 16 buah yang dirancang sebagai transporter dan sekaligus peluncur rudal antarbenua.

Untuk mengankut tubuhnya yang super besar dan berat, maka truk ini ditenagai oeh mesin diesel V12 berdaya 800 tenaga kuda