Jeep JT Gladiator, Wujud Kembalinya Jeep Berbisnis Pikap

Jeep JT Gladiator, Wujud Kembalinya Jeep Berbisnis Pikap
Jeep JT Gladiator dikembangkan dari platform JL Wrangler
 

Jeep JT Gladiator saat ini menjadi produk pikap yang cukup bergengsi. Di Indonesia, Gladiator berhasil menyabet predikat sebagai pikap termahal yang saat ini dijual belikan melalui APM (agen pemegang merek).

Bagi Jeep sendiri, kehadiran emblem Gladiator dalam jajaran Jeep sekaligus menjadi penanda kembalinya brand Amerika ini ke bisnis pikap. Jeep terakhir kali nyemplung dalam bisnis kendaraan bak terbuka ini pada 1992 dengan produk terakhirnya MJ Commanche. Pikap ini punya kedekatan relasi dengan SUV XJ Cherokee.

Berbincang tentang pikap, sebenarnya Jeep bukanlah merek anyar. Model  pikap Jeep pertama diawali oleh Willys Jeep Truck yang hadir pada 1947. Produk ini cukup menonjol dengan menyodorkan  pilihan penggerak 4x4. Sebuah fitur yang masih sangat jarang disodorkan oleh kompetitornya seperti Chevrolet, GMC, International Harvester dan lainnya.

Selain Willys Jeep Truck, pabrikan yang bermarkas di Toledo, Ohio AS ini mengenalkan  armada pikap lainnya yakni Jeep Forward Control (FC) pada 1956. Model ini merupakan sebuah mobil dengan layout cabin over engine (COE) alias posisi mesin berada di atas kabin. Sayang proyek ini kurang sukses dan pupus pada 1965.

Penerus Willys Jeep Truck muncul pada 1962 dengan nama Gladiator. Mobil ini menggunakan platform SUV Jeep Wagoneer. Namun nama Gladiator dilengserkan dan diganti jadi Jeep Pick Up atau J-Series pada 1971. Model berukuran fullsize ini bertahan di pasar hingga 1988. 

Era pikap kecil pun hadir dan Jeep berpartisipasi dengan mengenalkan MJ Commanche pada 1985. Uniknya Commanche merupakan pikap dengan struktur monokok yang tersedia dalam beberapa pilihan wheelbase. Model ini ternyata hanya mampu bertahan hingga 1992 dan sekaligus menandai pupusnya bisnis Jeep di bidang kendaraan pikap.

Walau Jeep sudah resmi hengkang dalam bisnis pikap, tapi ternyata di luar itu tumbuh kreatifitas pecinta Jeep untuk menghadirkan sosok Jeep pikap. Jeep TJ Brute besutan American Expedition Vehicle (AEV), sebuah rumah modifikasi off-road yang bermarkas di Missuola, Montana, AS  menarik minat pasar.

Generasi pertama Brute menggunakan basis dari TJ Wrangler yang dipanjangkan sasisnya dan kemudian menambahkan bak di belakangnya. Mulailah AEV menerima pesanan pikap custom dari pada 2007 hingga 2011.

Kesuksesan AEV ini semakin kinclong dengan restu Jeep pada AEV untuk membuat kit pikap untuk JK Wrangler. Bahkan Jeep memfasilitasi AEV dengan menunjuknya untuk mengkonversi resmi Jeep JK menjadi pikap. JK Wrangler Brute Package diproduksi antara 2011 hingga 2017.

Kemesraan Jeep dan AEV ini berlanjut, salah satunya dengan ambil digandengnya AEV dalam pengembangn JT Gladiator.

Pada 2019 silam JT Gladiator resmi meluncur, sekaligus menandai kembalinya Jeep pada bisnis pikap yang pernah ditinggalkannya hampir tiga puluh tahun silam.