Jepang Terapkan Automatic Headlamp Sebagai Mandatori

Jepang Terapkan Automatic Headlamp Sebagai Mandatori
Lampu utama akan secara otomatis nyala pada kondisi kegelapan tertentu dan hal tersebut menjadi faktor safety
 

Safety sudah menjadi isu yang mendapatkan porsi besar dalam pengembangan kendaraan. Lampu utama (headlamp) menjadi salah satu contoh yang cukup nyata, di mana perkembangan pesat terjadi baik dalam sistem ataupun jenis lampunya.

Baru-baru ini Jepang menyatakan akan menerapkan automatic headlamp sebagai mandatory pada 2021 mendatang. Artinya secara bertahap kendaraan yang dipasarkan pada 2021 kelak memiliki fitur yang menyalakan lampu utama ini secara otomatis. Bahkan perundangannya pun sudah disahkan pada 1 April 2020 silam.

Seperti diwartakan Driving Vision News, para pembuat kendaraan di Jepang diwajibkan untuk melengkapi kendaraan produksinya dengan sensor cahaya yang akan menghidupkan lampu utama sesaat jika kondisi sekitarnya kurang dari 1.000 lux atau beberapa saat sebelum matahari tenggelam.

Kondisi ini akan berlaku luas termasuk pada kendaraan komersial seperti truk dan bus. Di targetkan semua kendaraan baru yang dijajakan di Jepang apapun itu wujudnya sudah akan mengadopsi fitur ini pada 2023 mendatang.

Pemberlakuan peraturan ini dilakukan otoritas Jepang berdasar data peningkatan kecelakaan saat senja yang melibatkan orang tua dan sepeda. Lampu tak hanya menjadi alat penerangan bagi kendaraan, namun juga sebagai penanda bagi pengguna jalan lainnya.