Kaca Selalu Terbuka, Apakah Truk Punya AC?

Kaca Selalu Terbuka, Apakah Truk Punya AC?
Apa pun kondisi truknya, baik baru atau lawas, kaca truk yang melaju di jalanan selalu dalam kondisi terbuka. Apakah truk-truk tersebut tak memiliki AC bawaan pabrik?
 

Jika Anda jeli memperhatikan, kaca truk yang melaju di jalanan selalu dalam kondisi terbuka. Apa pun kondisi truknya, baik baru atau lawas. Hal ini cukup mengundang tanya, apakah truk-truk tersebut tak memiliki AC bawaan pabrik?

Ternyata, ada beberapa tipe truk yang memang hadir tanpa AC. Namun juga ada varian yang sudah dilengkapi fitur pendingin udara tersebut sebagai standarnya.

Di antaranya truk Mercedes-Benz Axor 2528 CH. Serta truk heavy duty, UD Trucks Quester. Seperti dikatakan Christine Arifin, Director Marketing and Business Development UD Trucks. "Untuk Quester semua unitnya sudah ada AC," ucapnya.

Menurutnya, penggunaan AC pada Quester bertujuan untuk memberi kenyamanan pada driver saat perjalanan jauh. "Karena itu, pada Quester sudah dilengkapi seat suspension dan AC agar supir lebih nyaman dan safety. Kalau pun nantinya dipakai atau tidak, itu hak mereka (supir)," papar Christine.

Toh demikian, dirinya juga menyatakan tak semua truknya dilengkapi AC sebagai fitur standar. Seperti tipe Kuzer yang fitur AC menjadi peranti opsional.

Hal ini juga berlaku pada light truck, Isuzu Traga. Di mana unit tes yang kami uji beberapa waktu lalu belum dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara.