Kecelakaan Maut Libatkan Truk ODOL dan Travel Terjadi di Tol Cipali

Kecelakaan Maut Libatkan Truk ODOL dan Travel Terjadi di Tol Cipali
Dalam insiden maut ini diinformasikan 10 orang meninggal dunia.
 

Kecelakaan maut terjadi di Tol Cipali, Purwakarta-Jawa Barat KM 78 dari Cikopo arah Palimanan. 500 pada Senin (30/11). Dalam insiden maut ini diinformasikan 10 orang meninggal dunia.

Dilansir dari Antaranews.com, kejadian berlangsung pada pukul 03.00 pagi dan melibatkan tiga kendaraan. Yakni mobil travel Isuzu Elf bernomor polisi G 1261 D dengan dua truk trailer.

Kronologi kejadian ini ditengarai truk trailer Hino B 9010 UEJ yang berada di posisi paling depan tiba-tiba berhenti mendadak tanpa sempat beralih ke jalur darurat.

Kemudian di belakangnya, ada truk tronton R 1857 CG yang kemudian dihantam kendaraan travel dengan membawa 12 penumpang tersebut. Akibat kejadian tersebut 10 orang dinyatakan meninggal dunia.

"Korban meninggal dunia jadi 10 orang. Dua yang luka berat meninggal saat dalam penanganan medis," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Eddy Djunaedi dikutip dari Antaranews.com.

Truk ODOL Jadi Biang Insiden

Insiden yang melibatkan tiga kendaraan niaga yang dua diantaranya truk bermuatan berat ini pun mendapat perhatian serius pihak Kementerian Perhubungan.

Pasalnya ada dugaan jika truk yang ditabrak oleh angkutan travel tersebut terindikasi over dimension and overload (ODOL). Di mana truk yang tertabrak bermuatan bata hebel yang tak memasang stiker Alat Pemantul Cahaya (APC).
 
Dikutip dari Tribunnews, Kemenhub tengah mempertimbangkan sikap yang lebih keras untuk penindakan truk ODOL di jalan tol. "Nantinya di jalan tol akan ada pemberlakuan transfer muatan. Jadi kalau muatan lebih dari 50 persen akan diberhentikan lalu diberlakukan transfer muatan," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi.