Mahindra Scorpio, Asal India Masuk Indonesia Tak Dijual di Negeri Asalnya

Meskipun memiliki pabrik perakitan dan pembuatan, Mahindra Scorpio single dan double kabin hanya dipasarkan untuk luar India. Mau coba Scorpio? Orang India harus datang ke sini.
 

Mahindra Scorpio resmi melantai di Indonesia pada Oktober silam. Kendaraan ini akan mengisi segmen komersial dengan menawarkan dua pilihan bodi, yakni pikap (single cabin) dan double cabin. Kedua variannya tersebut berpenggerak empat roda alias 4 Wheel Drive.

Scorpio diklaim sebagai kendaraan yang punya nilai saing di segmennya dengan menawarkan harga kompetitif dengan kemampuan membawa beban 1 hingga 1,2 ton dan menarik beban hingga 2,5 ton.

Mahindra Scorpio mengandalkan mesin turbo diesel 4 silinder 2.200 cc, common-rail dengan kemampuan 140 dk, torsi 320 Nm dan hanya tersedia dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan. Sedangkan untuk pengoperasian 4x4-nya sudah cukup canggh dengan menggunakan knob putar.

Berbincang tentang fitur, apa yang ada pada mobil diimpor secara CBU ini cukup berlimpah. Seperti headunit dengan koneksi Bluetooth, USB, dan Aux. Lantas fitur keselamatan berkendaranya mencakup ESP, Hill Descent Control, Tyre Pressure Monitoring System, Cruise Control, ABS, EBD, serta SRS Airbag dua titik.

Tetapi soal penampilan luarnya, desain Scorpio menawarkan sesuatu yang sama sekali beda, serta boleh dibilang kurang lazim jika dibandingkan desain yang dianut pemain lama di segmen ini. Walaupun begitu, kabinnya cukup menghadirkan headroom yang lega dengan pilar A yang relatif lebih tegak dibanding rivalnya.

Di segmennya, saat ini Scorpio adalah 4x4 termurah di Indonesia. Banderol single cabin di angka Rp 278 juta sedangkan double cabin di Rp 318 juta.

Ada sesuatu yang tak disangka, di India sudah dipastikan tak akan ketemu Scorpio pikap, baik single cabin maupun double cabin. Di sana akan didapati Scorpio Wagon saja, lalu-lalang di jalanan India.

Scorpio pick up dan double cabin merupakan produk yang dikhususkan untuk memenuhi pasar ekspor. Sedangkan untuk segmen dalam negeri India, Mahindra cukup mengandalkan Bolero pick up dan double cabin yang diposisikan di bawah Scorpio.