Mengenal Mitsubishi Fuso Espasio, Bus Yang Didonasikan Untuk Pemprov DKI

Mengenal Mitsubishi Fuso Espasio, Bus Yang Didonasikan Untuk Pemprov DKI
Bus ini berbasis Colt Diesel FE 71, yang memiliki kabin luas dan sanggup memuat 17 orang penumpang.
 

Baru-baru ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi di Indonesa, mendonasikan empat unit Mitsubishi Fuso Espasio kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Donasi ini merupakan apresiasi terhadap upaya terhadap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Serah terima dilakukan pada tanggal 28 September 2021 di Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Mitsubishi Fuso merasa terhormat dapat mendonasikan 4 (empat) unit Espasio kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Saya yakin, Espasio kami akan memenuhi kebutuhan Pemerintah dengan sempurna.” kata Duljatmono, Direktur Sales & Marketing, KTB.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr. Widyastuti, MKM, mengatakan “Kami memfokuskan seluruh sumber daya yang kami miliki untuk menekan COVID-19 di Jakarta dengan memberikan vaksinasi kepada seluruh warga dan mendukung para garda depan medis kami. Saya percaya kolaborasi dengan pemangku kepentingan industri sangat penting”.

dr Widyastuti (kiri) Kepala Dinas Kesehatan DKI dan Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB

 

Lantas seperti apa detail Mitsubishi Fuso Espasio itu? Bus ini berbasis dari salah satu varian Colt Diesel, yaitu FE 71, yang memiliki mesin empat silinder turbodiesel 4D34, berkapasitas 3.908 cc, dengan tenaga maksimum 108 hp (110 PS)/2.900 rpm dan torsi puncak 274 Nm/1.600 Nm. Torsi puncak di putaran mesin rendah, membuatnya menjadi hemat bahan bakar, sekaligus tangguh melahap medan berat. Daya dari mesin tersebut disalurkan ke roda belakang, melalui transmisi 5 percepatan dan gardan dengan rasio 1: 4.875.

Menggunakan karoseri yang dibuat oleh Adi Putro, Espasio ini mampu mengangkut 17 orang dengan cukup nyaman. Tentunya karena didukung dengan sasis yang cukup panjang, yaitu 3,35 meter.

Bus ini pun mampu bermanuver dengan lincah dengan radius putar relatif kecil, yaitu 5,1 meter, seperti spesifikasi Colt Diesel FE71 yang menjadi basisnya.

Untuk kenyamanan, selain dilengkapi dengan kursi berkualitas premium, bus ini juga memiliki AC dan CD Player sebagai perlengkapan standarnya.