Mengenal Tanjakan Sitinjau Laut, Jalur Cantik Yang Mematikan

Mengenal Tanjakan Sitinjau Laut, Jalur Cantik Yang Mematikan
Sitinjau Laut jadi jalur utama Sumatera Barat yang menghubungkan kota Padang dan Solok. Terkesan angker, tapi menyajikan pemandangan cantik.
 

Jika Anda menempuh perjalanan darat dari kota Padang menuju Solok di Sumatera Barat, maka jalur berbukit Sitinjau Laut, atau Sitinjau Lauik (dalam bahasa lokal) pasti dilalui. Jalur ini berlokasi di sisi timur kota Padang, tepatnya setelah kawasan pabrik Semen Padang di Indarung.

Sitinjau Laut kerap jadi momok menakutkan bagi supir yang melaluinya karena dikenal ekstrem. Terutama berkat banyaknya tikungan tajam, tapi juga tanjakannya yang terjal.

Tak heran banyak kecelakaan di jalur maut tersebut. Kebanyakan dialami oleh kendaraan besar seperti bus dan truk dengan kondisi mesin dan rem yang kurang prima atau supir yang kurang menguasai medan di sana.

Paling baru adalah kecelakaan bus pariwisata yang tengah membawa rombongan siswa SMA 6 Padang. Kecelakaan ini terjadi pada 11 Desember lalu di Km 19, Panorama Sitinjau Laut, Kecamatan Lubuk Kilangan. 

Dikutip dari Antara, kecelakaan yang terjadi di ini juga melibatkan tiga kendaraan lain di depannya, karena tertabrak rem bus yang blong. Kejadian ini membuat delapan penumpang bus dilarikan ke rumah sakit.

Untuk menghindari kejadian tersebut, ada baiknya memastikan kendaraan, seperti ban, rem dan mesin dalam kondisi prima. Jangan lupa ikuti aturan jalan bergantian yang diinstruksikan para sukarelawan di tikungan tajam karena tak jarang, kendaraan panjang akan memakan bagian jalan dari arah berlawanan.

Diluar kesan angker dan berbahaya, Sitinjau Laut sendiri sebenarnya menyajikan pemandangan yang indah dengan bukit dan hutan yang masih asri. Monyet-monyet liar juga masih mudah dijumpai di pinggir jalan.

Bahkan jika perjalanan dari Solok menuju Padang, maka Anda bisa melihat laut dan panorama kota Padang secara luas dari atas. Beberapa rest area lengkap dengan warung jajanan juga tersedia jika memang Anda masih ingin menikmati pemandangan di sana. Ada pula Taman Hutan Raya Bung Hatta di sisi jalan tersebut.