Mengintip Stockyard Tata Motors Di Cakung

Mengintip Stockyard Tata Motors Di Cakung
Area ini merupakan penyimpanan kendaraaan Tata Motors dari India yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, sebelum dikirimkan ke jaringan dealer Tata Motors di berbagai kota di Indonesia.
 

Area kira-kira seluas empat kali lapangan bola itu dikelilingi pagar besi. Untuk masuk ke area itu terdapat dua pintu masuk berlapis yang 24 jam dijaga petugas.

Di bagian dalam terdapat dua bangunan berpilar besi, satu bangunan model semi terbuka dan satu bangunan tertutup rapat. Di kawasan tersebut, terdapat ratusan kendaraan Tata Motors berbagai tipe mulai dari kendaraan jenis pick up, pick up bonnet, truk ringan, truk medium jenis tractor head sampai sasis bus.

Area yang berada di Puninar Logistics di kawasan Cakung-Cilincing, Jakarta Timur, ini merupakan stockyard atau tempat penyimpanan kendaraaan Tata Motors yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dan diturunkan dari kapal kargo yang mengangkutnya dari India, sebelum dikirimkan ke jaringan dealer Tata Motors di berbagai kota di Indonesia.

Beberapa kendaraan sudah dibooking pemiliknya

Stockyard ini dioperasikan sejak Tata Motors resmi melakukan penjualan kendaraan penumpang dan kini fokus di kendaraaan niaga sejak sekitar dua tahun lalu.

Di stocktyard ini semua kendaraaan yang diturunkan dari kapal diinspeksi ulang. Inspeksi mencakup mesin, kelistrikan sampai bodi.

Kendraaan Tata Motors yang sudah menjalani inspeksi disimpan di ruangan tertutup berwujud gudang di dalam area stockyard. "Untuk mengurangi efek paparan debu," kata seorang petugas saat kami berkesempatan mengunjungi stockyard ini, Kamis (16/9). 

Manajer Marketing Kendraaan Komersial PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), agen pemegang merk kendaraan Tata Motors di Indonesia, Wilda Bachtiar mengatakan, semua tipe dan jenis kendaraan komersial Tata Motors disiapkan di stockyard ini sebelum dikirim ke dealer dan kemudian ke konsumen.

Kendaraaan yang tersimpan di sana antara lain, pick up diesel Tata Super Ace 1.400 cc, pick up mini diesel Tata Ex2 700 cc, pick diesel bonnet Tata Xenon, mobil double cabin Tata Xenon LT D-Cab 4x4, truk ringan Tata LPT 913, truk ringan Tata Ultra 1012, dan tractor head Tata Prima serta sasis bus medium Tata.

Di stockyard ini juga terdapat beberapa unit kendaraan test drive Tata Motors, termasuk kendaraan trial yang dipinjamkan TMDI ke pelanggan-pelanggan potensialnya. Satu diantaranya seperti terlihat Kamis kemarin, terdapat satu unit tractor head Tata Prima sedang menjalani servis rutin berkala di sana. 

Sistem pengamanan stockyard ini terbilang bagus karena ditangani oleh perusahaan manajemen logistik Puninar Logistics yang terkenal baik reputasinya.

Selain sistem pengamanan dua lapis di bagian dalam, Puninar juga menempatkan petugas sekuriti di pintu gerbang utama stockyard yang bekerja 24 jam.

Selama mengunjungi stockyard ini, Kami juga berkesempatan melakukan ujicoba beberapa tipe kendaraan komersial Tata Motors. Kami memilih dua unit truk, masing-masing truk ringan Tata Ultra 1012 dan tractor head Tata Prima serta satu double cabin Tata Xenon. Aktivitas tersebut kami memanfaatkan area lapangan terbuka di depan stockyard dan jalan di area dalam kawasan stockyard.