FQ15, Truk Terlangka Dari Toyota

FQ15, Truk Terlangka Dari Toyota
Truk langka ini pernah menjadi bagian dari sejarah militer Indonesia
 

Mungkin jika kurang jeli, Anda akan mengira bahwa truk yang satu ini adalah M37 Dodge Power Wagon. Namun pada kenyataannya ini merupakan sebuah Toyota berpenggerak 4x4 dengan kode FQ15, salah satu truk terlangka yang pernah diproduksi oleh Toyota.

Jejak sejarah FQ15 memang tak segampang Land Cruiser, namun dari beberapa penelusuran disimpulkan, bahwa truk tersebut merupakan jiplakan dari M37 yang mulai dibuat pada tahun '50-an hingga '60-an.

Truk ini dibuat untuk keperluan militer, tugasnya mengangkut pasukan, perbekalan perang, ambulans dan juga pemadam kebakaran. Ya, memang tak jauh tugasnya, seperti M37.

Toyota FQ15 base model

Awalnya, truk ini dibuat untuk keperluan pasukan bela diri Jepang saja. Tetapi, belakangan kendaraan tersebut juga dipasarkan untuk angkatan perang negara lain, termasuk Indonesia. FQ15 pernah digunakan oleh pasukan Cakrabirawa (pasukan pengawal presiden saat itu) di era kepemimpinan Presiden Soekarno.

Bahkan ada data yang menyatakan bahwa truk ini pernah juga dikaryakan untuk angkatan perang Amerika, terutama yang ada di Hawaii maupun di Filipina. Artinya truk ini bertugas bahu membahu dengan truk yang ‘dijiplak’nya, yakni M37.

Dodge M37 Power Wagon yang disebut-sebut model yang dijiplak

Mengenai mesin, terdapat dua pilihan, yakni mesin bensin berkode F dengan kapasitas 3.900 cc dan pilihan mesin diesel 6 silinder inline, berkode H dengan berkapasitas 3.600 cc. Kedua mesin ini dihubungkan dengan transmisi manual 4 percepatan dan tranfercase part time 2 speed dengan pilihan rasio High dan Low.