Mitsubishi L300 Euro 4, Bagaimana Spesifikasi Bahan Bakarnya?

Mitsubishi L300 Euro 4, Bagaimana Spesifikasi Bahan Bakarnya?
Kendaraan niaga, haruslah efisien agar pebisnis yang menggunakannya meraih keuntungan lebih baik. Apakah L300 Euro 4 bisa menggunakan biosolar yang ‘lebih efisien’?
 

Tujuan dari penggunaan mesin Euro 4 adalah tercapainya emisi gas buang yang lebih rendah. Sehingga lebih ramah lingkungan. Berbagai teknologi pun diterapkan pada mesin agar tercapainya tujuan tersebut.

Seperti mesin pada kendaraan yang dipasarkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMMKSI), sebagai Agen Pemegang Merek kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia, yang sudah menerapkan standar emisi Euro 4 pada jajaran kendaraan yang dipasarkannya.

L300 menjadi salah satu kendaraan niaga ringan yang sudah menggunakan teknologi mesin berstandar Euro 4, yang baru saja diluncurkan Selasa (28/6) lalu.

Lantas, bagaimana bahan bakar yang digunakan oleh sang legenda yang sudah digunakan konsumen di Indonesia sejak 1981 itu? “Mesin Euro 4 harus didukung oleh bahan bakar diesel yang sesuai,” terang Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division, MMKSI, pada saat peluncuran virtual L300 lalu.

Jadi, pikap ini direkomendasikan menggunakan bahan bakar setara Euro 4, dengan angka Cetane 51 dan sulfur 50 ppm. Di sini bahan bakar dengan spesifikasi tersebut adalah setara Pertamina Dex dengan harga Rp 13.700/liter.

Dengan harga per liter seperti itu, tentunya pengguna L300 anyar tentu akan merasakan peningkatan operasional yang lumayan melonjak. Tetapi, kabar baik langsung diberikan oleh pihak MMKSI.

Irwan mengatakan, pengguna masih bisa menggunakan biosolar, asalkan melakukan perawatan rutin. "Maka bagaimana jika konsumen tidak punya pilihan dan hanya punya biosolar, tidak perlu khawatir, bahan bakar yang tidak tepat tidak akan langsung merusak mesin, tapi perlu perawatan yang rutin," ungkap dia.

Tentu perawatan rutin yang teratur adalah memang hal utama dari panjangnya ‘kelangsungan hidup’ sebuah kendaraan.