Mobil Listrik Ford Masih Merugi

Mobil Listrik Ford Masih Merugi
Tetapi pengembangan terus berjalan
 

Dari sebuah laporan yang dilakulan oleh situs Car & Driver asal Amerika Serikat terungkap bahwa pabrikan Ford untuk wilayah Negara Paman Sam masih mengalami kerugian dari penjualan unit mobil yang bertenaga listrik. Termasuk Ford F-150 Lightning yang merupakan pikap ukuran full size.

Tidak tanggung-tanggung, nilai kerugiannya, ada di angka 2,1 miliar dolar AS pada tahun lalu hingga mencapai 3 miliar dolar AS (sekitar Rp 45 triliun) di kuartal pertama 2023. Namun begitu pihak Ford tidak serta merta menghentikan produksi maupun pengembangan mobil listrik maupun energi ramah lingkungan lainnya.

Bahkan Ford mengelompokkan produksinya menjadi tiga golongan; Ford Blue (gas/hybrid), Ford Model e (mobil listrik), dan Ford Pro (mobil komersial).

Meskipun masih merugi dari penjualan mobil listrik, Ford dikabarkan masih bisa menutup kerugian tersebut dari dua golongan produk yang lain. Angkanya juga signifikan, 7 miliar dolar AS (sekitar Rp 105 triliun dari Ford Blue, dan tambahan 6 miliar dolar AS (sekitar Rp 9 triliun).