Pabrik Mercedes-Benz G-Class Jadi Perakit Truk Listrik Volta

Pabrik Mercedes-Benz G-Class Jadi Perakit Truk Listrik Volta
Styer Automotive merupakan rumah bagi Mercedes-Benz G-Class
 

Startup truk listrik Volta Trucks telah mengumumkan bahwa truk Volta Zero-nya akan diproduksi oleh Steyr Automotive di Steyr, Austria.

Truk full elektrik dengan bobot 16 ton ini dirancang untuk pengiriman barang dalam kota. Powertrain listrikmya menyediakan jangkauan operasi antara 150 km hingga 200 km.

Fitur menarik dari Volta Zero adalah pengemudi duduk di tengah kabin, seperti Tesla Semi, dan dalam posisi yang jauh lebih rendah daripada truk konvensional. Truk ini juga memiliki desain kabin bergaya rumah kaca yang memberi pengemudi jarak pandang tidak kurang dari 220 derajat.

Volta berencana untuk meluncurkan empat varian Zero, mulai dari 7,5 hingga 19 ton, dan bermaksud untuk membangun lebih dari 27.000 unit setiap tahun pada tahun 2025.

Salah satu alasan mengapa Volta memilih fasilitas Steyr di Austria adalah karena berencana untuk memproduksi kendaraan yang dekat dengan pasar.  Fasilitas perakitan yang juga digunakan sebagai tempat perakitan Mercedes-Benz G-Class ini secara geografi dekat dengan pasar Eropa yang nota bene merupakan pasar terbesar EV dunia, termasuk truk dan bus.

Walau demikian, pada perkembangannya, Volta diharapkan dapat berkembang juga di pasar Amerika Utara ataupun Asia.