Para Driver Ini Diadu Kecakapannya Mengemudikan Truk Hino Dutro di Kemayoran

Para Driver Ini Diadu Kecakapannya Mengemudikan Truk Hino Dutro di Kemayoran
Dutro Safety Driving Competition merupakan ajang yang didesain untuk menguji kemampuan pengemudi dalam membawa truk Hino Dutro di jalan raya secara aman agar barang yang diangkut tiba dengan selamat.
 

Sebanyak 160 pengemudi truk dari berbagai perusahaan mengadu kepintaran mereka dalam mengemudikan truk Hino Dutro di ajang Hino Dutro Safety Driving Competition yang digelar selama dua hari, Selasa dan Rabu, 24 dan 25 Oktober 2017 di parkir barat Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Ini merupakan penyelenggaraan Hino Dutro Safety Driving Competition yang ketiga setelah kegiatan serupa digelar baru-baru ini di Semarang dan Surabaya.

Dutro Safety Driving Competition merupakan ajang yang khusus didesain untuk menguji kemampuan pengemudi dalam membawa truk Hino Dutro di jalan raya secara aman agar barang yang diangkut tiba sampai tujuan dengan selamat.

Konferensi pers Hino Dutro Safety Driving Competition di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/10/2017).

Kegiatan dibagi menjadi dua bagian. Di hari pertama peserta menjalani tes tulis untuk mengetahui wawasan mereka tentang kendaraan Hino Dutro dan berlalu lintas yang semuanya diarahkan untuk mendalami pengetahuan berkendara para pengemudi. Materi yang diujikan antara lain daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan pemahaman rambu-rambu lalu lintas. 

Di hari kedua, 160 peserta test tulis disaring menjadi 10 pengemudi finalis diambil dari mereka yang meraih hasil terbaik. Hari kedua merupakan tes praktik mengemudikan truk dimulai dari saat proses persiapan ketika truk akan dijalankan dari titik keberangkatan. Materi yang diujikan meliputi inspection test, tes mengemudi truk secara zig–zag maju dan mundur, serta reverse parking. 

Tes tulis peserta Hino Dutro Safety Driving Competition di hari pertama.

Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia Hiroo Kayanoki mengatakan, tujuan utama kontes ini adalah mengkampanyekan teknik dan kebiasaan mengemudi aman di jalan raya yang diharapkan menjadi budaya berlalu lintas yang baik di kalangan pengemudi. Manfaatnya, barang yang diantar pengemudi dapat tiba dengan selamat, bisnis perusahaan juga berjalan makin lancar.

“Target kami adalah terus memberikan edukasi keselamatan berkendara bagi para pengemudi truk. Keselamatan jiwa mereka adalah yang terpenting bagi kami. Pengemudi merupakan aset bagi perusahaan,” kata Hiro Kayanoki di sela acara. Di babak uji tes praktik ini, HMSI menyediakan tiga unit truk Hino Dutro 130