Paska Corona, Pabrik Mobil Di Tiongkok Kembali Beroperasi

 Paska Corona, Pabrik Mobil Di Tiongkok Kembali Beroperasi
Semoga pandemik ini segera berlalu tak hanya di Tiongkok, namun juga di seluruh dunia
 

Paska Pandemik Corona yang menghantam Tiongkok sejak akhir tahun lalu telah surut. Walau hanya melakukan partial lockdown, di beberapa daerah terdampak seperti Wuhan di propinsi Hubei, namun kondisi ini serta merta melumpuhkan sektor otomotif Tiongkok, termasuk pabrik dan juga dealer kendaraan. Akan tetapi saat wabah tersebut berhasil diatasi, 90% industri otomotif di Negeri Tirai Bambu itu kembali beroperasi.

Dikutip dari autoindustriya, saat ini pabrikan seperti Honda, Nissan dan Toyota di Tiongkok telah kembali beroperasi. Bahkan Toyota mengatakan bahwa 98% dealernya telah kembali dibuka.

Kondisi ini diikuti pula oleh merek lokal seperti SAIC yang juga mengikuti langkah yang sama.

Beberapa pabrikan yang berada di bekas episentrum wabah, yakni Wuhan pun nampak mulai menggeliat termasuk pabrik Ford dan juga Tesla.

Semua pabrikan di Cina harus menghadapi pil pahit untuk dilakukan penghentian produksi sebagai efek dari kebijakan otoritas Beijing yang menginstruksikan untuk melakukan lockdown di berbagai kota di Tiongkok arena wabah Corona. Dan saat ini telah dinyatakan bebas Corona dan menjadi negara pertama yang berhasil berlolos dari hal tersebut.

Keberhasilan Tiongkok ini semoga segera diikuti oleh negara lain, termasuk Indonesia dan kondisinya dapat pulih seperti sediakala.