Penasaran Dengan Bus Langka Mercedes-Benz OH 1725 L? Bisa Naik Rute Ini

Penasaran Dengan Bus Langka Mercedes-Benz OH 1725 L? Bisa Naik Rute Ini
Ditengarai, sasis tersebut hanya hadir dua unit saja di Indonesia. Salah satu pemiliknya saat ini adalah PO Kalisari dari Jawa Timur.
 

Ada beberapa tipe bus langka yang dihadirkan Mercedes-Benz di Indonesia untuk mengetes pasar. Salah satunya sasis OH 1725 L yang didatangkan pada pertengahan dekade 2000-an.

Ditengarai, sasis tersebut hanya hadir dua unit saja di Indonesia. Salah satu pemiliknya saat ini adalah PO Kalisari dari Jawa Timur. Kabar baiknya mereka siap mengoperasikan bus OH 1725 L untuk trayek patas Surabaya-Malang pergi pulang.

"Siapa yang penasaran atau kangen dengan kenyamanan unit 'Langka nan Spesial' ini? kejutan kali ini kami persembahkan bagi para pelanggan setia, terhitung mulai Kamis (1/4), kami mengoperasikan armada Mercedes-Benz OH 1725 Air Suspension untuk melayani kelas Patas." seperti dalam pengumuman di akun Instagramnya.

Dari luar, bus istimewa ini berbodi Jetbus generasi pertama karya karoseri Adi Putro, Malang. Cirinya ada pada headlamp membulat dengan 'selendang' bagian sisinya yang besar dan langsung menyatu pada bodi.

Sekilas mengenai Mercedes-Benz OH 1725 L, bus ini masuk indonesia tahun 2005. Awalnya ada dua unit yang kemudian dipinjamkan ke PO Lorena dan PO Kramat Djati.

Dari spesifikasinya, bus ini memiliki daya angkut 17 ton dengan tenaga 250 PS. Mesinnya tipe OM 906 LA II,  6-silinder turbodiesel. Memang sepintas tak jauh berbeda dari OH 1626. Namun di saat itu, di mana OH 1521 dan OH 1518 masih jadi andalan, tentu bus ini dianggap sangat bertenaga.

OH 1725 L juga punya ukuran overhang depan lebih panjang dari keluarga OH 1521. Keunggulan lainnya adalah bawaannya yang sudah menggunakan suspensi udara, juga mirip OH 1626.

Memang, secara spek mumpuni dan nyaman. Meski demikian, produk tersebut hanya berakhir sebagai model tes saja. OH 1725 L tidak dijual umum di Indonesia, salah satu faktornya harga jual yang mahal. Sebagai gantinya hadir OH 1525 yang dibekali suspensi per daun.