Pengemudi Mobil Penumpang, Waspadai Bahaya Di Sekitar Bus Dan Truk

Pengemudi Mobil Penumpang, Waspadai Bahaya Di Sekitar Bus Dan Truk
Sebagai sesama pengguna jalan, perlu mewaspadai risiko yang mungkin terjadi ketika berada di ruas jalan yang sama dengan kendaraan besar.
 

Tak jarang, pengguna jalan berada di ruas jalan yang sama bus atau truk. Nah, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika bersama kendaraan besar.

Di Jalan Menurun

Sebaiknya perhatikan melalui spion, apa saja kendaraan di belakang kita saat jalan menurun. Jika tampak kendaraan besar, sebaiknya jaga jarak agar lebih jauh lagi. Karena kendaraan besar akan lebih sulit mengurangi lajunya saat terjadi pengereman mendadak oleh mobil di depannya.

Seperti ketika berada di jalan tol, yang memiliki jalan menurun cukup panjang, jika memungkinkan pindah ke lajur yang berbeda, atau bahkan membiarkan mereka mendahului kita.

Di Jalan Menanjak

Pada jalan menanjak, jaga jarak juga harus diutamakan. “Perhatikan pedoman jarak, itu merupakan hal penting di ruas jalan manapun,” ujar Erreza Hadian instruktur defensive driving dari Rifat Drive Lab, dalam suatu kesempatan. Ia juga menekankan, di jalan menanjak sekalipun jangan terlalu dekat dengan kendaraan lain. Termasuk dengan kendaraan besar tentunya. Ada kemungkinan salah pengoperasian, kendaraan tersebut bisa meluncur mundur. Jika ada jarak yang cukup, tentunya bisa menghindar, namun kalau terlalu dekat sangat besar malah bus dan truk tersebut bersandar di mobil yang kita kendarai.

Kemungkinan truk mundur di tanjakan/foto : Mobilmo.com

 

Di Jalan Datar

“Semua bagian dari kendaraan besar itu, berbahaya,” ungkap Erreza. Maksudnya, potensi bahaya bisa timbul, di mana pun dan kapan pun. Termasuk di jalan raya yang datar. Salah satu hal yang patut diwaspadai adalah kita harus memastikan terlihat oleh pengemudi bus atau truk tersebut.