Terkencang Di Dunia, Truk Ini Punya Top Speed 284 Km/Jam!

Terkencang Di Dunia, Truk Ini Punya Top Speed 284 Km/Jam!
Rekor kecepatan tersebut dicetak di kategori 500 meter dengan cara rolling start. Top speed yang diraih truk berbasis Tatra ini mencapai 284,13 km/jam.
 

Tim Buggyra Racing yang bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab sukses memecahkan rekor truk terkencang di dunia belum lama ini. Rekor ini ditorehkan dengan pengendara wanita 15 tahun, Aliyyah Koloc.

Rekor kecepatan tersebut dicetak di kategori 500 meter dengan cara rolling start. Top speed yang diraih truk berbasis Tatra ini mencapai 284,13 km/jam. Lebih kencang dari truk Volvo Iron Knight yang digunakan Boije Ovebrink pada 2016 silam dengan 276 km/jam.

Spek truk yang digunakan, berbasis Tatra 12.000 cc dengan tenaga mencapai 1.900 hp dengan bobot 5 ton. Pengerjaan tekniknya dilakukan oleh Buggyra Racing dan pengembangan aerodinamika oleh Techsoft.

Buggyra Racing ini sendiri yakin jika truk tersebut bisa mencapai kecepatan 300 km/jam. Namun trek di bandara Panenský Týnec, Republik Ceko dirasa kurang memadai.

"Aliyyah ingin memecahkan rekor 300 km/jam, tetapi bandara Panenský Týnec terlalu pendek. Tetapi setelah hari ini, saya percaya bahwa adalah mungkin bagi kita untuk melakukan keajaiban 300 km/jam," ucap David Vršecký dari tim Buggyra Racing.