Tengok Uniknya Bus Dengan Livery Anime Di Jepang

Tengok Uniknya Bus Dengan Livery Anime Di Jepang
Berbeda dari modifikasi itasha pada mobil dan motor, pengaplikasian grafis anime di bus lebih bersifat komersial.
 

Anime atau kartun dan Jepang menjadi hal yang tak dapat dipisahkan. Dunia otomotif bahkan dapat dilabur dengan anime yang berjuluk itasha. Ternyata grafis anime juga merambah hingga busnya.

Berbeda dari modifikasi itasha pada mobil dan motor, pengaplikasian grafis anime di bus lebih bersifat komersial. Di mana bus menjadi sarana beriklan perusahaan pembuat animasi Jepang dalam menginformasikan film atau tv seri mereka.  

Salah satunya bus kota Hakone Tozan dan bus wisata Fujita Kanko bergrafis anime Neon Genesis Evangelion yang terlihat di  Hakone, prefektur Kanagawa ini. Tampilan bus wisata berbasis Mitsubishi Aeroqueen dihiasi tokoh-tokoh dari serial anime yang hadir sejak 1995 tersebut. Sedangkan bus kotanya hadir dengan grafis ungu dengan simbol NERF sebagai organisasi fiktif di anime tersebut.

Dilansir Nippon.com, ternyata grafis Neon Genesis Evangelion terpasang di bus tersebut sebagai bentuk perayaan gelaran bertajuk Evangelion x Hakone 2020: Meet Evangelion in Hakone yang berlangsung sejak awal 2020. Tujuannya untuk mempromosikan film Neon Genesis Evangelion terbaru mereka.

Dengan tema "Evangelionization" Odakyu Group sebagai pembuat anime tersebut coba mengubah Hakone menjadi kota Evangelion. Hal ini dibuktikan lewat disebarnya grafis Evangelion di bukan hanya bus, tetapi hingga ke halte dan stasiun.

Selain Neon Genesis Evangelion, ada juga serial TV anime lain yang diiklankan lewat sarana bus. Yakni anime berjudul Warlords of Sigrdrifa yang baru tayang bulan Oktober lalu.

Bus tersebut dioperasikan mulai akhir Oktober oleh Nitto Kotsu dan JR Kanto di kawasan Tateyama. Seperti dapat terlihat, sosok bus kota berkelir putih ini dilabur grafis tokoh Valkyrie pada anime yang kerap disebut Sugururi oleh penggemar anime di Jepang.